Sabtu 04 Juni 2022, 11:38 WIB

Sandiaga Uno Dorong Produk Kriya Banjar Baru Guna Tingkatkan Kesejahteraan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Sandiaga Uno Dorong Produk Kriya Banjar Baru Guna Tingkatkan Kesejahteraan

Ist
Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kota Banjar Baru dilaksanakan pada Jumat (3/6) di Mess L Banjarbaru, Kalsel.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan dari kriya untuk bisa terus berkembang dan berinovasi meski di masa pandemi ini. 

Pernyataan Menparekrfa disampaikan dalam Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di Banjar Baru. Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Sandi melanjutkan, kegiatan workshop KaTa Kreatif Indonesia merupakan program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022.

Dari 35 lokasi yang direncanakan, Kota Banjar Baru merupakan lokasi ke sepuluh yang mendapat kesempatan mengikuti workshop dan bertemu langsung dengan Menteri Parekraf.

“Jadi dalam kegiatan ini, kita bantu dalam pengembangan produknya,” kata Sandi. 

Kota Banjar Baru telah menentukan kalau subsektor kriya sebagai sektor unggulannya.

Melalui produk kriya kain bordir Sasirangan yang sudah diperkenalkan sejak abad ke dua belas, hingga kini terus dilakukan kreasi dan inovasi pada motif-motif baru.

Baca juga: Konten Kreator Perlu Kelola Kekayaan Intelektual

Dengan rekam jejak tersebut subsektor kriya diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak bagi subsektor ekraf lainnya di Kota Banjar Baru..

“Dan yang paling bagus, ada produk ekraf yang sudah ada sejak abad ke dua belas,” ujar Menparekraf dalam keterangan pers, Sabtu (4/6)

Sandi mengungkapkan dengan kehadiran dirinya langsung di tengah pelaku UMKM Banjar Baru, untuk sub sektor kriya khususnya maka akan menjadi penyemangat terutama di industri pariwisata .

"Dengan penyelenggaraan workshop di kota ini maka sub sektor kriya akan terfasilitasi dan peluang bagi terbukanya lapangan pekerjaan yang bisa menjadi solusi bagi masyarakat kota ini," jelas Sandi. 

Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kota Banjar Baru dilaksanakan pada Jumat (3/6) di Mess L Banjarbaru, Kalsel.

Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif adalah pelaku Ekonomi Kreatif yang berada di Kota Banjar Baru.

Kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

“Kita harapkan, kalau pruduknya berkembang maka bisa meningkatkan ekonominya,” tukasnya.(*)

Baca Juga

MI/HARYANTO

Semen Gresik Gunakan 100% Gypsum Murni dalam Proses Produksi

👤Haryanto 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:35 WIB
Pemanfaatan gypsum murni merupakan hasil dari penyerapan produk industri lainnya yang mampu menghemat penggunaan sumber daya alam...
Antara/Muhammad Adimaja.

IHSG Ditutup Melemah Tunggu Data Inflasi AS

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:32 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (10/8) sore ditutup melemah seiring pelaku pasar yang tengah...
Antara/Subur Atmamihardja.

Rupiah Melemah Jelang Rilis Data Inflasi AS

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:22 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (10/8) sore ditutup melemah jelang rilis data inflasi Amerika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya