Jumat 20 Mei 2022, 14:42 WIB

Harga Pertalite hingga Elpiji Dijamin Tak Naik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
 Harga Pertalite hingga Elpiji Dijamin Tak Naik

MI/ Moh Irfan
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua dari kiri) didampingi pimpinan DPR dan Ketua Banggar Said Abdullah.

 

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah memperoleh persetujuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk menambah belanja Rp393 triliun, yang mana Rp350 triliun akan dialokasikan untuk anggaran subsidi dan kompensasi energi.

Penambahan tersebut diupayakan pemerintah agar harga bahan bakar minyak (BBM) hingga listrik tidak naik di tengah disrupsi global.

"Kita menambah alokasi subsidi untuk PLN sehingga tarif listrik dicegah untuk tidak naik. Penambahan ini juga tujuannya agar pertalite, solar minyak tanah, elpiji 3 kg bisa tetap dijaga harganya," ungkap Srimul, sapaan akrab Sri Mulyani di Komplek Senayan, Jakarta, Jumat (20/5).

Menurut Srimul, pemulihan ekonomi masih ditahap awal akibat pandemi, sehingga perlu dijaga daya beli masyarakat dengan tidak menaikkan kebutuhan energi seperti pertalite yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dengan 79% diantara BBM jenis bensin lainnya hingga harga listrik.

"Artinya, masyarakat sebagian besar terlindungi dengan tambahan Rp350 triliun dengan tambahan kompensasi tadi," tambahnya.

Baca juga: Beri Kepastian Waktu Pembayaran Kompensasi kepada Pertamina 

Namun, lanjut Menkeu, pemerintah dan DPR sepakat bahwa harga listrik untuk pelanggan 3.000 VA ke atas dilakukan tariff adjustment atau penyesuaian harga listrik pada tahun ini. Menurutnya, kewenangan untuk menaikan tarif listrik berada di tangan PLN dan Kementerian ESDM.

Sejak 2017, pemerintah diketahui tidak menaikan harga listrik, akibatnya negara harus memberikan kompensasi pembiayaan listrik untuk golongan nonsubsidi.

"Tolong nanti tanya ke PLN untuk persiapannya dan Menteri ESDM (Arifin Tasrif) mengenai kapan langkah-langkah itu (terealisasi). Alokasi subsidi dan kompensasi ini naik luar biasa besar Rp350 triliun di atas Rp154 triliun yang disediakan APBN saat ini," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.ist

Dukung UMKM Mataram, Sandiaga Sarankan Program 'Bedakan'

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:05 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara (YSI) yang berkolaborasi dengan PT Kokikit Akademi Indonesia dan Bhinneka...
Dok. Intiland

Intiland Gelar Tahapan Topping Off Apartemen SQ Rés, Siap Sambut Geliat Sektor Properti

👤Mediaindonesia.om 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:51 WIB
Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga menjelaskan pelaksanaan topping off menjadi tahapan penting dalam proses...
Ist

Tabungan Simpedes Ajak UMKM PeDe Memimpin Perubahan

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:47 WIB
AKTIVITAS masyarakat dan perputaran ekonomi Indonesia yang mulai kembali normal harus dimanfaatkan pelaku UMKM yang sempat terpuruk selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya