Senin 16 Mei 2022, 12:35 WIB

PB HMI Apresiasi Pemerintah dan Polri dalam Tangani Lalu Lintas Lebaran

mediaindonesia.com | Ekonomi
PB HMI Apresiasi Pemerintah dan Polri dalam Tangani Lalu Lintas Lebaran

Ist
Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Raihan Ariatama.

 

KETUA Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Raihan Ariatama menilai bahwa pemerintah Indonesia memiliki kinerja yang baik dalam penanganan dan penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Kita menyaksikan dalam arus mudik dan arus balik Lebaran Tahun 2022 ini tidak ada kendala yang berarti, termasuk tidak adanya kemacetan yang sangat parah. Kinerja Pemerintah Indonesia, terutama Polri sebagai ujung tombak layanan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini patut diapresiasi," terang Raihan Ariatama kepada para awak media pada Senin (16/5). 

Menurut Raihan, tantangan penanganan dan penyelenggaraan arus mudik dan arus balik tahun ini lebih kompleks daripada tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah pemudik pada lebaran tahun 2022 meningkat drastis, yang mencapai sekitar 85,5 juta orang. Sebabnya adalah euforia masyarakat untuk berlebaran di kampung halaman sangatlah tinggi setelah dua tahun terakhir dibatasi akibat pandemi Covid-19," kata Raihan.

Baca juga: 73,8 Persen Masyarakat Puas dengan Penyelenggaraan Mudik 2022

"Bisa dikatakan, ada semacam kerinduan akan kampung halaman yang tertahan selama dua tahun, dan kran ini kemudian dibuka tahun ini," ujarnya.

Sebagai stakeholder yang berada di garis depan penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Lebaran Tahun 2022, Raihan menilai Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah bekerja keras dalam menyukseskan penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1443 H.

"Strategi Polri untuk mengantisipasi kemacetan dengan penerapan rekayasa lalu lintas seperti penerapan ganjil-genap, sistem satu arah (one way) dan contra flow terbukti ampuh, sehingga kita tidak melihat ada kemacetan yang parah," tuturnya.

"Kalaupun ada kemacetan di beberapa titik, itu hal yang biasa karena ini soal mengatur mobilitas manusia yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat," ucap Raihan.

Kinerja Pemerintah Indonesia dan Polri dalam penyelenggaraan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H mendapat pengakuan dan apresiasi dari masyarakat.

Menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 5-10 Mei 2022, sebanyak 73,8% masyarakat puas terhadap kinerja pemerintah dalam menangani arus mudik Lebaran tahun 2022.

Sebanyak 77,5% masyarakat menilai Polri memiliki peranan signifikan dalam mengatur kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini.

"Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap kinerja pemerintah Indonesia dalam pembangunan infrastruktur dan Polri dalam mengatur strategi rekayasa lalu lintas, sehingga arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 dapat berjalan dengan baik dan sukses," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Sudah Rp14 Ribu per Liter

👤M. Ilham Ramadhan Avisena/Andhika prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:39 WIB
Kendati demikian, pemerintah tetap menyalurkan minyak goreng curah murah kepada masyarakat di sejumlah wilayah...
Dok. Pribadi

Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:08 WIB
“Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang...
AFP/Rami al Sayed.

Kapal Tanker Minyak Iran Ketiga Tiba di Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:35 WIB
Perjanjian tersebut telah terbukti penting bagi kedua negara. Maklum, ekonomi mereka berjuang di bawah sanksi Barat yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya