Selasa 05 April 2022, 19:04 WIB

Pemerintah Pastikan Gunakan APBN Untuk Lindungi Rakyat dari Ancaman Ekonomi 

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Pastikan Gunakan APBN Untuk Lindungi Rakyat dari Ancaman Ekonomi 

Ilustrasi
APBN

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah akan tetap melindungi masyarakat dari ancaman perekonomian, baik di tingkat domestik maupun global. 

"Oleh karena itu, APBN akan terus merumuskan strategi agar penerimaan negara dapat disalurkan secara tepat," ujarnya Sri Mulyani, Selasa (5/4). 

Dia mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp455 triliun untuk melanjutkan program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, imbuh Sri Mulyani, program itu akan difokuskan untuk meningkatkan ketahanan dan penciptaan kesempatan kerja. 

Pemerintah juga disebut akan melakukan koordinasi agar kebutuhan pangan rakyat tetap terpenuhi. Selain ketahanan pangan, ketahanan terhadap sektor energi juga akan terus ditingkatkan. 

Baca juga : Pertumbuhan Industri Asuransi Syariah Kurang Menggembirakan 

"Kita memang menghadapi situasi yang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilalui. Semoga tantangan ini dapat kita atasi bersama dengan sinergi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat," kata Sri Mulyani. 

"Seluruh langkah ini akan dilakukan secara detil dan hati-hati demi menjaga daya beli masyarakat, momentum ekonomi, juga menjaga APBN," tambahnya. 

Dia juga menyatakan, tekanan geopolitik di masa pandemi hadir memberikan hambatan terhadap perekonomian yang sedang berusaha pulih. Di satu sisi, tantangan tersebut memberikan dampak positif berupa peningkatan penerimaan dari kenaikan harga komoditas. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Bank DBS Luncurkan Layanan Perbankan Digital Intuitif dan Pintar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:42 WIB
This is DBS digibanking, layanan perbankan digital yang intuitif dan pintar bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Raih Lamudi Awards di Lima Kategori

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:23 WIB
Penghargaan yang diraih itu sebagai Best Developer ialah PT Bumi Serpong Damai Tbk (PT...
Antara

Audit Perusahaan Sawit, BPKP Libatkan Kejagung hingga Polri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:15 WIB
BADAN Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyusun gambaran umum audit sektor sawit di Indonesia dengan menggandeng Kejaksaan Agung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya