Minggu 03 April 2022, 23:51 WIB

Ekonom: BLT Minyak Goreng Ringankan Beban Masyarakat

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Ekonom: BLT Minyak Goreng Ringankan Beban Masyarakat

Antara
Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan

 

EKONOM dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengungkapkan, langkah pemerintah untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tak sepenuhnya mengonfirmasi kegagalan dalam menghadapi mafia minyak goreng. Hal itu justru dinilai meringankan beban masyarakat.

"Karena justru bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat dari potensi tidak terbelinya minyak goreng, adapun untuk pengelolaan tata niaga ini memang berbeda tupoksi dengan pemberian bantuan pemerintah ini," kata Yusuf saat dihubungi, Minggu (3/4).

Dia menambahkan, BLT minyak goreng juga dinilai tak akan memberi beban luar biasa bagi keuangan negara. Peningkatan belanja subsidi juga diperkirakan akan mengalami sedikit kenaikan dan diyakini masih terkendali di level yang aman.

Bahkan Yusuf mendorong agar BLT minyak goreng dapat dijadikan pelengkap ragam bantuan sosial lainnya. Hal itu bertujuan agar daya beli masyarakat dapat terjaga, atau bahkan bertumbuh di tengah kenaikan sejumlah harga-harga.

"Untuk persoalan minyak goreng, dalam jangka pendek saya kira yang bisa dilakukan pemerintah tetap meningkatkan pengawasan alur distribusi dari sisi produsen sampai dengan konsumen," kata Yusuf.

Diketahui sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng bagi masyarakat penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). Bantuan akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya dan disalurkan tiga bulan sekaligus dimulai April 2022. 

"Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima yang berjualan makanan gorengan," ujar presiden. 

Bantuan tersebut dibayarkan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni, yang akan dibayarkan di muka pada April 2022 sebesar Rp300 ribu. Presiden pun meminta kementerian dan lembaga terkait untuk dapat berkoordinasi dalam penyaluran bantuan. (OL-8)

 

 

Baca Juga

MI/HO

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Asia Pacific Stevie Awards 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 09:15 WIB
Untuk melengkapi kesuksesan IOH, Ooredoo Group juga berhasil meraih 8 kategori lainnya di APAC Stevie Awards...
Ist/DPR

BAKN DPR RI Apresiasi Meningkatnya Kesejahteran Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:45 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan...
ANTARA/Adwit B Pramono

Pertamina: Pendaftar BBM Subsidi Sudah Mencapai 50 Ribu Kendaraan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:51 WIB
Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya