Jumat 18 Maret 2022, 20:50 WIB

Gerindra: Pencabutan HET hanya untungkan Pengusaha

Mediaindonesia | Ekonomi
Gerindra: Pencabutan HET hanya untungkan Pengusaha

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Pengunjung membeli minyak goreng kemasan di Pusat Perbelanjaan, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat.

 

KETUA Kelompok Fraksi (Kapoksi) Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Gerindra Abdul Wachid menyebut pencabutan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng oleh Menteri Perdagangan M. Lutfi hanya menguntungkan kalangan pengusaha saja.

"Pengusaha memperoleh keuntungan besar, sementara rakyat tetap akan kesulitan mendapatkan minyak goreng yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari," katanya di Semarang, hari ini.

Menurut dia, pencabutan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022 yang mengatur HET minyak goreng tersebut blunder dan fatal.

Semula pemerintah mengatur HET minyak goreng curah Rp11.500 per liter, kemasan sederhana Rp13.500 per liter dan kemasan premium Rp14.000 per liter.

Sementara dalam aturan pengganti yang tertuang dalam Permendag Nomor 11 tahun 2022, HET minyak goreng curah jadi Rp14.000 per liter dan harga kemasan premium diserahkan kepada mekanisme pasar.

Baca juga: PKS Usulkan Penggunaan Hak Angket Minyak Goreng

"Pencabutan Permendag Nomor 6 Tahun 2022 itu menunjukkan bahwa keberpihakan menteri perdagangan bukan kepada rakyat, tapi kepada pengusaha, pengusaha panen besar," ujarnya.

Semestinya pemerintah, lanjut dia, bisa mengambil langkah tegas yakni memerintahkan produsen minyak sawit mentah untuk melakukan "domestic market obligation" dan "domestic price obligation" ke perusahaan minyak goreng.

"Kalau CPO-nya tidak jalan, pemerintah harus berani cabut HGU perusahaan kelapa sawit itu. Perusahaan minyak goreng juga bisa dicabut izinnya kalau tidak memproduksi minyak goreng yang sesuai kebutuhan rakyat," katanya. (Ant/OL-4)

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Subak sebagai Representative Sistem Pertanian Berkelanjutan Ditunjukkan Ke Delegasi G20

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 18:30 WIB
Subak Jatiluwih juga telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO sejak 6 Juli...
Antara

Bank Dunia Perbarui Penghitungan Kemiskinan, Ekonom: Pemerintah Harus Legawa 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 September 2022, 18:27 WIB
Indonesia seharusnya melihat perubahan metode penghitungan dari Bank Dunia, sebagai dorongan untuk memperbaiki kinerja penurunan...
Antara/Galih Pradipta.

IHSG Ditutup Melemah akibat Kekhawatiran Resesi Terjadi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 18:14 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (29/9) sore ditutup melemah seiring pasar yang masih diselimuti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya