Rabu 02 Februari 2022, 12:59 WIB

Catatkan Kenaikan Ekspor 30%, STP Terus Tingkatkan Kualitas Produk Perikanan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Catatkan Kenaikan Ekspor 30%, STP Terus Tingkatkan Kualitas Produk Perikanan

Antara
Ilustrasi

 

PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha JAPFA, catatkan nilai ekspor produk perikanan tahun 2021 sebesar Rp524,6 miliar atau meningkat 30,5% dari tahun sebelumnya.

Rangkaian produk olahan tilapia, udang, dan sidat berhasil menembus pasar internasional berkat konsistensi STP dalam mempertahankan kualitas produk perikanannya. Hal ini dibuktikan dengan permintaan yang tidak pernah putus dari Amerika Serikat, Kanada, serta berbagai negara lainnya di Asia dan Eropa.

“Sejalan dengan rencana strategis perusahaan untuk terus memperluas pasar, ekspor ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan STP terhadap pemerintah dalam mendongkrak pendapatan negara melalui akselerasi volume ekspor nasional, terutama dalam bidang budidaya perikanan," ungkap Direktur Utama PT Suri Tani Pemuka, Ardi Budiono dilansir dari keterangan resmi, Rabu (2/2).

Sementara itu, Head of Tilapia Operations & Seafood Further Processed, Jenny Budiati mengutarakan komitmen STP dalam menjaga kualitas mutu produk budidaya perikanan terus dijalankan untuk dapat selalu memenuhi kebutuhan nasional dan internasional.

“Kami mengutamakan produksi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta selalu melaksanakan pengawasan ketat dalam pemilihan bahan baku agar dapat menghasilkan produk perikanan berkualitas tinggi yang memberikan manfaat bagi konsumen Indonesia maupun mancanegara. Sebagai contoh, karena kualitasnya, salah satu produk budidaya perikanan STP, yakni tilapia yang dibudidaya langsung di Danau Toba telah menjadi salah satu primadona produk perikanan yang sangat diminati di pasar Internasional,” ujar Jenny.

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (2020), Amerika Serikat menempati posisi pertama sebagai negara dengan permintaan ekspor produk perikanan terbesar, salah satunya ikan nila (tilapia).

Adapun kerja sama ekspor tilapia antara STP dengan Amerika Serikat telah terjalin sejak tahun 2014 dan masih terus berlanjut hingga saat ini.  Pada ekspor tahun 2021, Amerika Serikat mengambil porsi sebesar 54% dari keseluruhan total ekspor produk perikanan.  

Sebagai perusahaan perikanan yang membudidayakan tilapia, STP terus berupaya untuk memenuhi permintaan ekspor dengan produk-produk berkualitas hasil budidaya berkelanjutan yang terbukti dapat memenuhi pasar internasional.

Produk olahan tilapia dan produk perikanan STP lainnya telah berhasil diekspor ke beberapa negara di Eropa dan Asia, seperti, Italia, Jepang, Taiwan, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei, dan Singapura.  

STP yakin bahwa dengan kualitas mutu produk yang dimiliki dapat terus diterima di pasar internasional, yang dibuktikan dengan telah dikantonginya berbagai sertifikasi internasional, seperti Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Good Manufacturing Practices (GMP), Best Aquaculture Practice (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), The British Retail Consortium (BRC) dan Kosher Certification.

Melihat prospek bisnis yang masih terbuka lebar, STP akan berupaya meningkatkan kuantitas produksinya untuk dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun internasional. Terlebih lagi setiap tahunnya, nilai ekspor produk perikanan terus mengalami peningkatan. Dan diharapkan, kedepannya STP dapat memperluas area jangkauannya ke negara-negara baru.

“Kami akan terus bersinergi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya, serta tetap menerapkan standar produksi internasional. Kami juga berkomitmen untuk terus menjalankan budidaya perikanan berkelanjutan, sehingga keberadaan kami dapat bermanfaat seluas-luasnya bagi seluruh pemangku kepentingan,” pungkas Ardi. (OL-12)

 

Baca Juga

dok.tangkapan layar

Kementan Ajak Petani Milenial Dukung Usaha Tani Sehat Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 09:27 WIB
PETANI milenial dan wirausahawan muda pertanian diajak dan didorong untuk mendukung Gerakan Tani Pro Organik (Genta Organik). Tujuannya,...
Antara

Kemenpan RB Dukung Pencapaian Target Penurunan Kemiskinan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:47 WIB
Reformasi birokrasi tematik yang mencakup penanggulangan kemiskinan itu dilakukan dengan memetakan masalah yang menjadi penghambat capaian...
Ist

Brand Kosmetik dan Permen Berkolaborasi Hadirkan Produk Unik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 21:08 WIB
Kolaborasi dilakukan merek kosmetik Implora Cosmetics dan permen Relaxa. Hasilnya, inovasi produk unik yang menarik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya