Kamis 27 Januari 2022, 20:48 WIB

Bank Indonesia dan The People's Bank of China Perbarui Perjanjian Swap Bilateral

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Bank Indonesia dan The People

MI/Susanto.
Bank Indonesia.

 

BANK Indonesia dan The People's Bank of China memperbarui perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal (billateral currency swap arrangement/BCSA) dan berlaku efektif sejak 21 Januari 2022.

Perjanjian BCSA tersebut memungkinkan dilakukannya pertukaran dalam mata uang lokal masing-masing negara hingga senilai CNY250 miliar atau Rp550 triliun (ekuivalen sekitar US$38,8 miliar).

Perjanjian kerja sama ini dimaksudkan untuk semakin mendorong perdagangan bilateral dan investasi langsung dalam mata uang lokal masing-masing negara. Ini dilakukan dalam rangka pembangunan ekonomi di kedua negara serta menunjukkan komitmen kedua bank sentral untuk menjaga stabilitas pasar keuangan.

"Selain dengan Tiongkok, Bank Indonesia melakukan kerja sama keuangan dengan bank sentral lain di beberapa negara di kawasan," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, Kamis (27/1). 

Perjanjian kerja sama BCSA Bank Indonesia dan The People's Bank of China pertama kali ditandatangani pada Maret 2009. Perjanjian ini telah beberapa kali mengalami amendemen dan perpanjangan masa berlaku.

Baca juga: Proyek Terbaru Lippo Karawaci Jawab Kebutuhan Generasi Z

Hal itu merefleksikan kuatnya kerja sama bidang keuangan antara Bank Indonesia dan The People's Bank of China. Diharapkan hal itu semakin meningkatkan kepercayaan pasar terhadap fundamental ekonomi kedua negara. (OL-14)

Baca Juga

Antara/HO BNBR

Realisasikan Investasi RI-Inggris, Bahlil bakal Bentuk Tim Khusus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:25 WIB
“Saya pikir kita perlu membuat tim khusus untuk merealisasikan kerja sama ini yang akan kita teken saat Konferensi Tingkat Tinggi...
Dok. Pribadi

Konsep Aparthouse Manjakan Konsumen dengan Rumah Berkonsep Apartemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:19 WIB
Konsep aparthouse menggabungkan rumah tapak dengan nuansa apartemen, serta status kepemilikan sertifikat hak milik...
Dok. Kemendag

Lutfi Ajak Peserta WEF Kembali ke Prinsip-Prinsip Perdagangan untuk Sejahterakan Masyarakat

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:40 WIB
“Ini saatnya bagi dunia untuk kembali ke perdagangan. Perdagangan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan melawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya