Rabu 26 Januari 2022, 11:19 WIB

IMF Prediksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 3,3 Persen pada 2021

Mediaindonesia.com | Ekonomi
IMF Prediksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 3,3 Persen pada 2021

AFP/Andrew Caballero-Reynolds.
Ilustrasi

 

Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh 3,3 persen pada 2021, sedikit meningkat dibanding proyeksi sebelumnya pada Oktober 2021 yakni 3,2 persen.

"Indonesia terus merespons dengan langkah-langkah kebijakan yang komprehensif dan terkoordinasi dengan baik untuk melindungi kehidupan dan mata pencaharian dari dampak pandemi Covid-19," kata Asistant Director Western Hemisphere Department IMF Cheng Hoon Lim dalam media briefing virtual di Jakarta, Rabu.

Ia menilai langkah-langkah tersebut telah berhasil menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan, sehingga perekonomian domestik saat ini pulih dengan kecepatan tinggi di tengah inflasi yang rendah.

DI sisi lain, prospek kredit juga membaik dengan posisi eksternal yang kuat, didorong oleh harga komoditas global yang menguntungkan.

Dengan cadangan yang cukup dan utang publik yang relatif rendah, Indonesia berada pada posisi yang baik untuk memperluas dukungan pandemi lebih lanjut jika risiko penurunan yang parah terjadi.

"Dengan pemulihan yang sedang berlangsung, ini adalah waktu yang tepat untuk secara bertahap memulihkan pilar utama kerangka kebijakan ekonomi makro pra-pandemi," kata Lim.

Ia mengatakan saat ini banyak risiko yang menantang bagi seluruh dunia, sehingga penting bagi pihak berwenang di Indonesia untuk tetap gesit dalam menanggapi guncangan yang tak terduga, dalam ketidakpastian, berhati-hati, dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan yang ada.

Indonesia dinilai sebagai negara yang tangguh dan berada pada posisi yang kuat untuk mampu menahan goncangan yang tidak terduga selama mampu beradaptasi dan gesit.

"Saya sangat yakin dengan kemampuan Indonesia untuk menghadapi risiko penurunan," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. Kemendag

Lutfi Ajak Peserta WEF Kembali ke Prinsip-Prinsip Perdagangan untuk Sejahterakan Masyarakat

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:40 WIB
“Ini saatnya bagi dunia untuk kembali ke perdagangan. Perdagangan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan melawan...
Dok. PLN

PLN Insurance Resmi Kelola ASO PT PLN

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:40 WIB
"Acara Go Live Pengelolaan Aso merupakan simbolis telah dimulainya pelayanan pengelolaan ASO dari PT Asuransi Perisai Listrik Nasional...
Antara

Schneider Electric dan Ericsson Tertarik Kembangkan 5G di RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:00 WIB
Johnny menyebut, valuasi ekonomi digital Indonesia hingga 2030 diperkirakan mencapai US$315...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya