Kamis 13 Januari 2022, 21:24 WIB

Presiden: Pandemi Membuat Industri Pariwisata Tersungkur Dalam

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Pandemi Membuat Industri Pariwisata Tersungkur Dalam

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut pandemi covid-19 membuat industri pariwisata mengalami pelemahan yang sangat dalam. Sebelum pagebluk melanda dunia, sektor turisme menjadi kontributor devisa terbesar kedua bagi Indonesia dengan pendapatan produk domestik bruto (PDB) mencapai US$10 miliar dan bisa menyediakan 13 juta lapangan kerja.

Berdasarkan data Kemenparekraf, capaian devisa sektor pariwisata pada 2019 adalah US$16,9 miliar. Pada 2020, angka itu merosot hingga hanya menyisakan US$3,2 miliar. Oleh sebab itu, dengan situasi seperti sekarang, Jokowi menekankan harus ada terobosan yang dilakukan guna mengembalikan kinerja sektor pariwisata ke level sebelum covid-19 merebak.

Ia pun mengapresiasi upaya Menteri BUMN Erick Thohir yang membentuk InJourney, holding BUMN pariwisata sebagai solusi dari persoalan yang ada.

Kepala negara memandang penataan BUMN pariwisata memang sebuah keharusan.

Melalui strategi tersebut, ia optimistis pengelolaan industri turisme oleh perusahaan-perusahaan negara akan lebih optimal. "Ini adalah titik balik untuk melakukan sebuah lompatan. Momentum untuk melakukan penataan, momentum untuk melakukan transformasi, membangun sebuah ekosistem yang lebih kuat dan tangguh," ujar Jokowi di NTB, Kamis (13/1).

Ke depan, ia meminta InJourney segera bergerak memunculkan inovasi konkret di lapangan sehingga permasalahan yang ada bisa segera terselesaikan.

"Masalah konektivitas, segera selesaikan. Masalah hambatan infrastruktur, di mana titik-titik yang memerlukan suntikan infrastruktur, segera diselesaikan. Begitu juga hambatan lainnya, termasuk dalam hal tata kelola dan manajemen BUMN-BUMN pariwisata, agar ini tidak menggerus kesempatan kita untuk melompat maju," pungkas mantan Wali Kota Solo itu. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

Mendag Sebut Harga Bahan Pokok Berangsur Turun 

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:58 WIB
Saat ini, dia katakan, harga barang pokok sudah berangsur turun signifikan. Harga cabai rawit merah saat menjelang Nataru sempat tembus...
DOk. HCMl

Lapangan Gas MAC HCML Siap Berproduksi 

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:50 WIB
Saat ini, perusahaan sudah menandatangani perjanjian jual beli gas dengan PT Petrokimia Gresik, PT Bayu Buana Gemilang, dan PT Inti...
Antara/Fakhri Hermansyah

Gunung Prisma Dorong Penerapan Ekonomi SIrkular di Industri Baja 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:48 WIB
"Melalui penyediaan bahan konstruksi berbahan baja yang didapatkan dari produsen dengan teknologi hijau dan solusi yang berkelanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya