Rabu 12 Januari 2022, 21:43 WIB

Ekstensifikasi Merek ke Produk Aki, Begini Strategi Cawang di 2022 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ekstensifikasi Merek ke Produk Aki, Begini Strategi Cawang di 2022 

Dok. GDN
Ekstensifikasi Cawang ke produk Aki mobil

 

SUKSES dengan produk AC dan radio-nya, PT Gobel Dharma Nusantara (GDN) memutuskan untuk melakukan ekstensifikasi merek Cawang ke produk aki mobil. Langkah ekstensifikasi merek tersebut tak lepas dari industri otomotif nasional yang masih tercatat potensial. 

Sebelum pandemi Covid-19, penjualan kendaraan barmotor masih mencapai 1 juta unit dengan ekspor yang mencapai 300 ribu unit. Sayangnya, pandemi yang mulai terjadi pada 2020 lalu telah berdampak pada penurunan penjualan otomotif. Namun pada 2021, industri otomotif mulai pulih. Terutama, dengan adanya kebijakan pemerintah berupa insentif PPnBM (pajak penjualan barang mewah). 

Menurut catatan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ), sepanjang tahun 2021, penjualan mobil ritel (dealer ke konsumen) mencapai 863.359 unit. Itu artinya, tumbuh 49,2% jika dibandingkan tahun 2020. 

“Masih tingginya pasar otomotif menjadi salah satu alasan kami melakukan ekstensifikasi merek Cawang ke produk aki mobil,” kata Hiramsyah Sambudhy, Presiden Direktur PT Gobel Dharma Nusantara, pada acara pengiriman perdana aki mobil merek Cawang ke diler, yang digelar Rabu (12/1) di Gudang  Panasonic Ciracas, Jakarta Timur. 

Hiramsyah menjelaskan, sebenarnya GDN bukanlah pemain baru di pasar aki mobil. Sebab, sejak bermitra dengan Panasonic, GDN telah memproduksi aki dengan merek Panasonic. 

“Namun, sejalan dengan kampanye pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’, kami ingin memproduksi aki dengan merek lokal, Cawang, yang selama ini dikenal dengan produk AC dan radio,” ungkapnya.. 

Baca juga : Insentif PPnBM Dikaji, Pertimbangkan Komitmen Lingkungan 

GM Sales Division PT Gobel Dharma Nusantara Enomoto menjelaskan, jika aki Panasonic menyasar segmen menengah atas, maka aki Cawang menyasar segmen menengah bawah, seperti pemilik taksi, pemilik angkutan umum, maupun pemilik kendaraan pribadi. 

“Saat ini, yang kami luncurkan hari ini adalah jenis aki basah. Dalam waktu dekat, kami juga akan meluncurkan aki kering merek Cawang,” ucapnya. 

Sebagai merek lokal yang baru menjajaki pasar aki, GDN menawarkan berbagai added value. Salah satunya, mengedepankan teknologi Jepang, karena perusahaan telah lama bermitra dengan dengan Panasonic. 

“Tak hanya itu, aki Cawang juga menawararkan harga yang kompetitif, mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1,9 juta,” jelas Enomoto, yang menyebutkan bahwa saat ini, aki Cawang masih berfokus pada pasar domestik. Namun, tidak tertutup kemungkinan ke depannya, aki Cawang juga akan menyasar pasar ekspor. 

Guna memperkenalkan aki Cawang, sejumlah strategi siap dilancarkan GDN. Diakui Hiramsyah, salah satu strateginya adalah dengan memanfaatkan media digital, seperti mobile Apps maupun media sosial. 

“Strategi ini sejalan dengan transformasi digital yang tengah kami lakukan serta tingginya jumlah segmen millennials di Indonesia yang sangat akrab dengan media digital. Selain itu, kami juga akan melakukan pendekatan ke berbagai komunitas otomotif, yang notabene memiliki basis massa yang kuat,” pungkasnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. 99 Group

Landmark Residence Bandung Gandeng 99 Group Untuk Pemasaran Propertinya 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:29 WIB
99 Group menghadirkan dukungan profesional dengan tim berpengalaman lewat produk layanan unggulannya, yakni PASTI (Platform Advertising...
Dok. Astronacci International

Astronacci International Berikan Edukasi Gratis untuk Korban Investasi Bodong 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:27 WIB
Sebagai bentuk kepedulian, Astronacci International membentuk Astronacci Care: learn from mistakes yang bertujuan untuk merangkul para...
Dok.Singapore Airlines

Singapore Airlines Buka Kembali Layanan ke Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:38 WIB
Singapore Airlines (SIA) akan membuka kembali penerbangan komersial harian dari Singapura ke Bali mulai 16 Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya