Kamis 16 Desember 2021, 18:55 WIB

Peretas terkait Iran Serang Pemerintahan dan Bisnis Israel

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Peretas terkait Iran Serang Pemerintahan dan Bisnis Israel

DOK MI.
Ilustrasi.

 

KELOMPOK peretas yang terkait dengan Iran menyerang tujuh sasaran Israel selama 24 jam minggu ini. Hal tersebut disampaikan suatu perusahaan keamanan siber Israel. Ini menjadi episode terbaru perang siber antarnegara yang bersaing itu.

"Target serangan oleh kelompok yang disebut Charming Kitten termasuk pemerintah dan sektor bisnis Israel," kata Check Point yang berbasis di Tel Aviv dalam suatu pernyataan Rabu (15/12) malam, tanpa memberikan rincian. "Check Point telah memblokir serangan ini, karena kami menyaksikan komunikasi antara server yang digunakan oleh kelompok ini dan target di Israel," kata perusahaan tersebut.

"Laporan kami dalam 48 jam terakhir membuktikan bahwa kelompok peretas kriminal dan aktor negara terlibat dalam eksplorasi kerentanan ini." Tuduhan perang dunia maya antara Iran dan Israel telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Israel telah disalahkan atas serangkaian serangan siber terhadap infrastruktur Iran, termasuk sistem distribusi bahan bakar negara itu pada Oktober. Kelompok peretas lain yang konon terkait Iran yang disebut Black Shadow mengklaim serangan siber pada Oktober di penyedia layanan internet Israel.

Salah satu target dalam insiden itu yakni situs kencan LGBTQ terbesar di Israel. Para peretas menuntut pembayaran uang tebusan di bawah ancaman merilis informasi pribadi yang sensitif, seperti status HIV pengguna situs tersebut.

Israel, yang menyebut dirinya sebagai pemimpin dalam keamanan dunia maya, pekan lalu mengadakan permainan perang keuangan dunia maya internasional, menurut kementerian keuangan. Peserta termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Emirat Arab yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel tahun lalu.

Peserta lain ialah Jerman, Swiss, dan Dana Moneter Internasional, kata kementerian itu dalam suatu pernyataan. Latihan tersebut, yang digambarkan Israel sebagai yang pertama dari jenisnya, dirancang untuk menyimulasikan serangan keuangan dunia maya internasional.

Baca juga: IHR Soroti Belasan Wanita Iran Dieksekusi Mati Tahun Ini

Kepala ekonom di kementerian keuangan Israel, Shira Greenberg, mengatakan latihan itu menunjukkan pentingnya tindakan global terkoordinasi oleh pemerintah bersama dengan bank sentral dalam menghadapi ancaman keuangan dunia maya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara

KKP: Perikanan Skala Kecil Penting Menopang Ketahanan Pangan RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:08 WIB
Pemerintah juga melaksanakan program perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil antara lain melalui penyediaan akses kepada permodalan,...
Unsplash.com

Kiat Memanfaatkan Media Digital agar Bisnis Lebih Dikenal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:04 WIB
Kini berjualan pun tak harus memiliki toko, namun setiap orang bisa membuat tokonya sendiri secara...
ANTARA/Adwit B Pramono

DPR Minta Pendaftaran BBM Subsidi tidak Menyulitkan Masyarakat

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 30 Juni 2022, 10:40 WIB
"Harus dipikirkan juga untuk mungkin dibuka pendaftaran manual secara mudah di SPBU atau di tempat lain dan pascapendaftaran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya