Rabu 01 Desember 2021, 17:20 WIB

Seorang Dokter Sukses Berbisnis Fesyen Muslim Anak Perempuan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Seorang Dokter Sukses Berbisnis Fesyen Muslim Anak Perempuan

DOK Pribadi.
Penjualan produk tidak hanya di Indonesia, tetapi juga sudah ke luar negeri seperti Malaysia dan Brunei.

 

BERBUAT baik bisa diawali dengan tindakan yang mudah dan tidak perlu muluk-muluk. Ini seperti kebaikan dan kewajiban menutup aurat bagi setiap umat muslim saat balig atau mencapai tahap pubertas. Oleh sebab itu, para orangtua muslim bisa mengawali kebaikan dengan mengenalkan dan mengajari anak-anaknya sejak dini tentang pentingnya menutup aurat.

Itu dilakukan Ernie Kusumawati, 30, bersama suaminya. Pasangan suami-istri asal Lumajang, Jawa Timur, tersebut mulai memperkenalkan serta membiasakan hijab dan tutup aurat kepada anak-anaknya sejak dini dengan mendirikan kids muslim fashion brand bernama Khaireen.

Ernie bercerita, awal mula Khaireen didirikan terinspirasi saat dia melahirkan anak pertamanya. Hatinya merasa tersentuh ketika melihat wajah mungil bayi perempuan yang telah dilahirkannya. Dia dan suaminya berharap agar putri mereka tumbuh menjadi wanita salihah dan kelak melahirkan anak yang saleh/salihah pula.

"Saya sebagai ibunya akan berusaha menjaga dirinya dengan mengenalkannya hijab dan tutup aurat sedini mungkin. Hanya mengenalkan, bukan memaksakan, karena belum ada kewajiban baginya yang masih usia dini. Harapannya, ketika ia nanti dewasa, ia sudah terbiasa berhijab dan menutup auratnya," tutur Ernie dalam keterangan resmi, Rabu (1/12).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa di masa perkembangan, anak-anak selalu mempelajari lingkungan dan kebiasaan yang terjadi di sekitarnya. Ini merupakan masa yang sangat penting bagi anak-anak untuk diperkenalkan dengan hukum Islam sejak dini sehingga anak tumbuh menjadi orang dewasa dan umat muslim yang dapat beradaptasi dengan baik, terutama bagi anak perempuan muslim pada umumnya menggunakan hijab untuk menutupi auratnya. 

Tentu akan lebih sulit bagi anak perempuan yang tidak pernah diperkenalkan kepada hijab untuk secara tiba-tiba diharuskan berbusana sesuai syariat Islam saat mencapai tahap pubertas. "Jika anak perempuan telah dikenalkan pada hijab sejak usia dini akan lebih mudah baginya beradaptasi ketika beralih mengenakan hijab dan baju muslim. Bahkan saat ini busana muslim pun bisa menjadi chic & trendy sehingga anak-anak tetap percaya diri untuk berbusana muslim," katanya.

Ernie sebelumnya berprofesi sebagai dokter. Kemudian dia memutuskan mengundurkan diri dan beralih profesi untuk fokus berbisnis fesyen muslim anak bersama sang suami. Sejak masa kuliah Ernie memang sudah hobi berbisnis dan memiliki bisnis online shop kecil-kecilan. Pada Juli 2017, berdirilah Khaireen yang menjadi fashion brand (merek fesyen) muslim anak dengan lokasi bisnis di Lumajang, Jawa Timur. Sang suami berfokus di bagian produksi, sedangkan Ernie berfokus di bagian penjualan dan pemasaran.

Selama dua tahun pertama, bisnis Khaireen berfokus pada fesyen muslim anak. Kemudian pada 2020, bisnis ini mulai merambah ke homewear fashion harian anak. Saat ini Khaireen telah berkembang hingga memiliki total 59 karyawan. "Pengembangan dan fokus penjualan Khaireen melalui sistem kemitraan. Jumlah mitra resmi yang telah bergabung saat ini mencapai kurang lebih 300 mitra, mulai dari distributor, agen, hingga reseller."

Dengan penjualan melalui sistem kemitraan, Khaireen diharapkan dapat mewadahi dan memfasilitasi ibu-ibu yang ingin meningkatkan diri dengan memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan dari rumah hingga membesarkan bisnis. Menurut Ernie, tingkat permintaan produk Khaireen tiap bulan terus meningkat, hingga saat ini bisa mencapai 5.000-6.000 helai. Pencapaian omzet mitra Khaireen bisa mencapai Rp30 juta-Rp100 juta per bulan, bahkan bisa mencapai lebih dari Rp100 juta ketika bulan Ramadan.

Baca juga: Terkait Upah Minimum, Bahlil: Pengusaha Harus Jaga Keberlangsungan Usahanya

Penjualan produk tidak hanya di Indonesia, tetapi juga sudah ke luar negeri. Penjualan paling tinggi di luar negeri ialah Malaysia, Brunei, Singapura, dan Vietnam. Ke depan, Khaireen direncanakan merambah bisnis ke fesyen muslim dewasa. Ernie berharap dengan keberadaan Khaireen, semakin banyak orangtua yang ingin mengajari kebaikan menutup aurat kepada anak-anaknya sejak dini serta semakin banyak anak-anak saleh dan salihah yang mulai mempelajari dan menerapkan syariat-syariat Islam. Dia juga menganjurkan agar para orangtua menghargai setiap kebaikan kecil yang dilakukan anak-anak. (OL-14)

Baca Juga

DOK SARINAH

Bincang-Bincang Senja di Sarinah Bersama Menteri BUMN Erick Thohir

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:41 WIB
Dengan acara ini, harapannya mitra Sarinah dan para tenant bergandeng tangan menyambut masa depan dan potensi bisnis yang lebih...
ANTARA

Pemerintah Tingkatkan Pengawasan Pelaksanaan APBD

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:37 WIB
pemerintah pusat juga telah mendorong pemda untuk mempercepat penetapan APBD 2022 di 31 Desember...
MI/INSI NANTIKA JELITA

AGRI Perkirakan Kebutuhan Gula Naik 10% saat Lebaran

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:33 WIB
AGRI yang terdiri dari 11 asosiasi ini menjamin kebutuhan gula rafinasi tidak mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya