Rabu 01 Desember 2021, 16:59 WIB

Terkait Upah Minimum, Bahlil: Pengusaha Harus Jaga Keberlangsungan Usahanya

 Despian Nurhidayat | Ekonomi
Terkait Upah Minimum, Bahlil: Pengusaha Harus Jaga Keberlangsungan Usahanya

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

 

MENTERI Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia merasa bahwa kebijakan kenaikan upah minimum secara nasional sebesar 1,09% merupakan upaya untuk menjaga keberlangsungan usaha dari para pengusaha.

"Saya punya pengalaman jadi pengusaha, kami kalau pengusaha berpikir tidak hanya bagaimana mendapatkan profit. Tapi menjaga keberlangsungan usaha juga, karena kalau dia tidak punya kemampuan membayar pegawainya, perusahaan tutup," ungkapnya dalam konferensi pers secara daring, Rabu (1/12).

Menurut Bahlil, dengan melandanya pandemi Covid-19 di Tanah Air dan baru mulai pulihnya perekonomian, dunia usaha sedang berupaya untuk tetap bertahan dan melangkah maju.

Ibarat mobil, lanjut Bahlil, perusahaan sedang memanaskan mesinnya, baru mengganti oli, dan tiba-tiba diberikan beban yang sangat tinggi, sehingga kemungkinan besar mobil tersebut bisa rusak.

"Artinya, kita sama-sama harus berjiwa besar. Teman-teman buruh juga saya hargai pikiran mereka. Tapi kita harus pada titik tengah jadi mereka dapat gaji tapi usaha jangan kita kasih beban tinggi, kasihan mereka," ujar Bahlil.

"Mereka punya kredit terus, bunganya aja yang dibayar sekarang, pokoknya enggak. Kalau ditambah beban lagi, perusahaannya tutup dan kita semua bubar. Nah kita pilih sekarang, nahan sedikit tapi perusahaan selamat atau kita paksain bubar dan nggak dapat apa apa. ini kebijaksanaan," pungkasnya. (Des/OL-09)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Mobilitas Masyarakat Mendorong Uang Beredar Meningkat di Desember 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:56 WIB
Bank Indonesia mencatat uang beredar dalam arti luas (M2) pada Desember 2021 sebesar Rp7.867,1...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Pabrik Pengolahan Batu Bara Bantu Hemat APBN Sampai Rp150 Triliun

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:35 WIB
Jokowi sangat berharap pembangunan pabrik pengolahan batu bara menjadi DME yanag merupakan substitusi LPG di Muara Enim berjalan lancar dan...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kementertian ESDM : 13 Juta Motor Listrik Bisa Hemat BBM Rp36 Triliun Per Tahun

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 24 Januari 2022, 12:07 WIB
Dadan Kusdiana menjelaskan, satu pengguna sepeda motor konversi menghemat pengeluaran biaya BBM Rp 2,78 juta per tahun, angka ini belum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya