Rabu 01 Desember 2021, 14:40 WIB

Sektor Energi Kunci Pertumbuhan Investasi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sektor Energi Kunci Pertumbuhan Investasi

Antara/Jojon.
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di wilayah Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

 

WAKIL Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Nugraha Mansury menilai sektor energi berperan sentral dalam mewujudkan proyeksi Indonesia emas di 2045 atau menjadi peringkat lima produk domestik bruto (PDB) dunia. Ini disampaikan dalam 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 (IOG 2021), di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu (1/12).

Pada tahun tersebut, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 319 juta orang dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,7%. "Sektor energi jelas akan menjadi salah satu kunci bagi kami untuk dapat menumbuhkan investasi di Indonesia. Namun, dengan perkiraan pertumbuhan PDB hingga 2045 sekitar 5,7%, ini menjadi tantangan bagi kita," ujarnya.

Pertamina dan perusahaan BUMN lain pun didorong untuk memastikan mampu mengelola ketahanan energi dalam menumbuhkan investasi. Pada semester I 2021, BUMN dari sektor energi diketahui membukukan penjualan sebesar Rp60,04 triliun.

Pahala melihat Indonesia akan terus menjadi salah satu negara paling menarik untuk berbisnis, termasuk di bidang minyak dan gas. Dia mengeklaim, BUMN di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo berupaya keras meningkatkan kemudahan berusaha.

"Kami juga memastikan ada daya saing fiskal yang baik untuk mengundang kontraktor dan investor untuk bermitra dengan pemerintah agar kita bisa mencapai produksi 1 juta barel minyak per hari," tegasnya. Seiring dengan hal itu, Indonesia juga tengah bertekad mencapai target net zero emmision atau karbon netral di 2060 atau lebih cepat.

Baca juga: Inovasi Alsintan Bikin Proses Bertani Lebih Efisien  

Pahala memperkirakan, pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia akan moncer ke depan. "Kami melihat pertumbuhan permintaan kendaraan listrik akan bertambah. Ini akan kami eksplorasi dan menjadi hub utama yang didukung dari produksi baterai kendaraan listrik," ungkapnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK BNI

Tingkatkan Investasi Desa, BNI Optimalkan BUMDes

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:44 WIB
Adi Sulistyowati menjelaskan bahwa inisiatif ini merupakan terobosan transformasi dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi...
Dok. Bank DKI

Bank DKI Raih Penghargaan TOP BUMD 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:40 WIB
Pada Maret 2022 penyaluran kredit Bank DKI tumbuh sebesar 13,70% dari Rp33,6 triliun per Maret 2021 menjadi Rp38,3 triliun pada Maret...
ANTARA FOTO/Gusti Tanat.

Pemanfaatan EBT, AP I Bangun PLTS di Bandara Ngurah Rai Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:36 WIB
PT Angkasa Pura I bersama anak usahanya yaitu Angkasa Pura Property membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya