Kamis 21 Oktober 2021, 22:41 WIB

Hadapi Tantangan Era Digital, BI Lakukan Transformasi Komunikasi 

Faustinus Nua | Ekonomi
Hadapi Tantangan Era Digital, BI Lakukan Transformasi Komunikasi 

Antara/Hafidz Muabarak A
Warga melintas did ekpan logo Bank Indonsia

 

BANK Indonesia (BI) terus melakukan transformasi dalam menghadapi era digital. Berbagai perubahan diterapkan termasuk di sektor komunikasi. 

Pimpinan Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, disrupsi digital juga menimpa dunia keuangan. Perekembangan teknologi digital yang begitu pesat mendorong dunia keuangan untuk terus beradaptasi. 

"Kita tahu cerita besar digital disruption itu mengubah banyak hal termasuk juga bisnisnya bank-bank sentral. Di dunia komunikasi hal-hal yang sama juga terjadi," ungkapnya dalam workshop pembuatan videografi dengan tema Cerita Ringkas Melalui Video Singkat yang diselenggarakan sobat digital bersama BI, Kamis (21/10). 

Menurutnya, bank sentral seperti BI terkenal dengan sekresi kerahasiaanya. Akan tetapi saat ini hal itu tidak diterapkan lagi. Segala hal serba terbuka dan bank sentral harus bisa beradaptasi. 

Baca juga : Dukung Pemerintah Program Digitalisasi Daerah, Grab dan OVO Luncurkan PATRIOT

Lantas, saat ini BI termasuk bank sentral yang tengah melakukan banyak perubahan. Di sektor komunikasi, BI terus membanjiri pemberitaan terkait bisnis bank sentral agar masyarakat paham dengan berbagai kebijakan lembaga itu. 

"Kita tahu di dunia yang serba informasi ini ketidakhadiran kita kemungkinan akan menghasilkan berita-berita yang mungkin tidak sesuai dengan yang kita inginkan," kata dia. 

Untuk itu, kata Erwin, berbagai perubahan tengah dilakukan. Dalam triwulan ini, pihaknya sudah membagikan 115 rilis untuk diberitakan. Artinya masyarakat digital perlu memahami bebagai hal terkait kebijakan BI. Belum lagi program komunikasi lainnya seperti workshop dan lainnya. 

Dia pun berharap transformasi yang tengah dilakukan BI bisa berdampak positif bagi masyarakat. Secara khusus, berbagai kebijakan BI bisa diimplementasi dan tidak terjadi misinformasi.(OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Pamerkan Produk Pertanian Nusantara di Acara ODICOFF

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:33 WIB
Kopi khas Indonesia yaitu Kopi Gayo, Kopi Lintong, Kopi Mandailing, Kopi Jawa, Kopi Luwak, Kopi Kintamani Bali, Kopi Toraja, dan Kopi...
DOK KEMENPERIN

Kemenperin Usung Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:22 WIB
Dirjen KPAII menjelaskan, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat tujuh sektor industri yang mendapat prioritas...
DOK Sinar Mas Land.

Green Office Park 1 Menjadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:40 WIB
GBC Ideas merupakan kegiatan tahunan yang diadakan GBC Indonesia untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya