Kamis 21 Oktober 2021, 19:20 WIB

Ekonom: Kinerja Ekspor RI Bisa Tumbuh Lebih Tinggi

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Ekonom: Kinerja Ekspor RI Bisa Tumbuh Lebih Tinggi

Antara
Suasana aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

 

PENELITI Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menilai kinerja ekspor nasional masih bisa didorong lebih tinggi lagi. Menurutnya, hal itu bisa dicapai asalkan Indonesia melakukan optimalisasi kinerja ekspor dari setiap lini.

Persoalan yang menyebabkan belum optimalnya kinerja ekspor nasional ialah ketergantungan produk komoditas. "Meski sekarang hilirisasi untuk produk komoditas sudah dijalankan pemerintah, tetapi pada dasarnya memang bahan dasarnya ialah produk komoditas," ujar Yusuf kepada Media Indonesia, Kamis (21/10).

Baca juga: Ajak Negara-negara Pulih Bersama, Mendag Kejar Perundingan Dagang

Selain itu, Indonesia tampak setengah hati ketika melakukan diversifikasi pasar tujuan ekspor. Padahal, upaya tersebut sudah menjadi wacana dalam 10 tahun terakhir. Indonesia dikatakannya harus cermat dalam melihat potensi negara lain.

Untuk bisa menjangkau negara selain mitra dagang utama, Indonesia dapat mendorong ekspor produk manufaktur. Salah satu peluang untuk mendongkrak kinerja ekspor nasional lewat produk otomotif dan elektronik.

"Saya kira peluang Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk otomotif cukup besar. Apalagi di dalam negeri sebenarnya industri otomotif merupakan salah satu industri besar," jelas Yusuf.

Baca juga: Januari-September 2021, Penyaluran Kredit Baru BCA Tumbuh 13,8%

"Untuk mendorong ekspor produk otomotif tentu pendekatannya bermacam. Tapi yang jelas, mendapatkan izin dari pemegang lisensi produksi. Di samping itu, kesiapan produk industri pendukung juga penting dari hulu sampai hilir," tambahnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan negara selain mitra dagang utama, seperti Pakistan, Mesir, hingga Afrika Selatan, merupakan pasar ekspor potensial yang dapat disasar produk Indonesia.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PStore Komit Penuhi Kepuasan Konsumen

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 00:30 WIB
KENYAMANAN konsumen menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi setiap perusahaan untuk bisa tetap bertahan dalam...
DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya