Selasa 12 Oktober 2021, 11:00 WIB

Lepas Saham Tol Cibitung-Cilincing, Waskita Untung Rp520 M

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Lepas Saham Tol Cibitung-Cilincing, Waskita Untung Rp520 M

ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi.

 

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengaku memperoleh keuntungan ratusan miliaran setelah melepas seluruh kepemilikan sahamnya (divestasi) di PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (PT CTP) selaku Badan Usaha Jalan Tol Pemegang konsesi ruas tol Cibitung – Cilincing sebesar 55% kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) selaku Pemegang Saham di PT CTP sebesar 45%.

Melalui Anak Usahanya PT Waskita Toll Road (WTR), awal Oktober 2021, Waskita menandatangani kesepakatan bersama PT API dengan melepas seluruh kepemilikan sahamnya pada ruas tol Cibitung – Cilincing sehingga kepemilikan saham PT API pada PT CTP menjadi sebesar 100%.

Corporate Secretary Perseroan Ratna Ningrum menyampaikan, nilai divestasi 55% penyertaan Waskita ini sebesar Rp2,44 triliun di atas nilai perolehan pada PT CTP senilai Rp1,92 triliun.

Baca juga: BPJAMSOSTEK dan Dewan Koperasi Indonesia Sinergi Beri Perlindungan Jamsostek

“Dengan demikian atas investasi pada PT CTP, Waskita akan memperoleh keuntungan Rp520 miliar dan pengurangan utang Rp5,8 triliun akibat efek dekonsolidasi," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (12/10).

Ratna menambahkan, di luar nilai investasi Waskita, terdapat juga kredit investasi perbankan dan akumulasi utang lainya yang secara tidak langsung akan beralih ke pemilik baru.

Di tengah pandemi, hingga akhir September 2021, PT Waskita Toll Road mengaku telah berhasil mendivestasi 3 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan nilai total dengan nilai total sebesar Rp4,4 triliun atau Rp2,1 triliun di atas nilai buku yang senilai Rp2,3 triliun.

Ketiga BUJT yang telah berhasil didivestasi tersebut adalah PT Jasamarga Kualanamu Tol, PT Jasamarga Semarang Batang, dan PT Cinere Serpong Jaya.

Ratna menuturkan, divestasi jalan tol ini merupakan bagian dari langkah untuk menutup utang perseroan yang mencapai lebih dari Rp90 triliun hingga akhir 2019. 

Program 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita itu, selain proses restrukturisasi perseroan induk dan anak usaha, juga dilakukan penjaminan pemerintah, Penyertaan Modal Negara (PMN) dan rights issue, penyelesaian konstruksi jalan tol, transformasi bisnis dan lainnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal

Menkeu Proyeksikan Ekonomi Triwulan III-2021 Tumbuh 4,3 Persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:52 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memproyeksikan ekonomi triwulan III-2021 tumbuh 4,3 persen, membaik dari minus 3,5 persen pada...
Dok.Bank Banten

Bank Banten Hadirkan ATM bagi Warga Baduy

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:11 WIB
Berbagai langkah strategis untuk melakukan transformasi digital dilakukan oleh perseroan untuk menghadirkan jasa keuangan yang sesuai...
DOK KEMEN PUPR

Kemen PUPR Lakukan Penilaian Jalan Tol dan Rest Area Pekanbaru-Dumai Tingkatkan Layanan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 11:56 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, BUJT didorong untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan karena...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya