Jumat 08 Oktober 2021, 10:46 WIB

Elon Musk Pindahkan Kantor Pusat Tesla ke Texas, ini Penyebabnya

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Elon Musk Pindahkan Kantor Pusat Tesla ke Texas, ini Penyebabnya

AFP/Patrick T Fallon.
Kendaraan listrik Tesla Inc diparkir di stasiun supercharger perusahaan di Hawthorne, California.

 

KEPALA Tesla Elon Musk memindahkan kantor pusatnya dari Silicon Valley ke Texas. Di tempat baru itu, ia sedang membangun pabrik.

"Saya senang mengumumkan bahwa kami memindahkan kantor pusat kami ke Austin, Texas," kata pembuat kendaraan listrik terkemuka itu pada rapat pemegang saham tahunan, Kamis (7/10). "Hanya untuk memperjelas, kami akan terus memperluas kegiatan kami di California."

Musk mengatakan penjualan Tesla tumbuh kuat. Perusahaan meningkatkan pengiriman mobil meskipun kekurangan cip komputer dan komponen lain.

Tesla bertujuan meningkatkan produksi di pabriknya di Fremont, California, sekitar 50%. Tetapi pabrik itu mencapai batas pada seberapa banyak yang bisa ditanganinya.

"Ketika kami pertama kali masuk ke sana, rasanya seperti anak kecil di sepatu orangtuanya. Kami kecil dan ini pabrik raksasa," kata Musk tentang pabrik perdananya di Silicon Valley. 

Dia mencatat bahwa biaya hidup di Lembah Silikon tinggi untuk pekerja. Harga rumah tidak terjangkau oleh pekerja, sehingga mereka terpaksa melakukan perjalanan panjang karena tempat tinggal jauh.

Musk telah berselisih dengan regulator di California. Ia merupakan salah satu tokoh teknologi terkenal yang secara pribadi meninggalkan negara bagian itu ke tempat-tempat dengan pajak penghasilan yang lebih rendah dan peraturan yang lebih sedikit.

Baca juga: Telah Menjangkau 1,1 Juta Rumah, Biznet Terus Lebarkan Jangkauan 

"Itu langkah strategis yang cerdas untuk Tesla," kata analis Wedbush Daniel Ives. "Kami percaya ini langkah pertama menuju Tesla yang menjadikan Austin sebagai lokasi dasar domestik dan global selama dekade mendatang dengan frustrasinya baru-baru ini dengan pejabat California yang kemungkinan mempercepat langkah ini." (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/DPR

Kontribusi PNBP 2021 Belum Optimal Dibandingkan Total Pendapatan Negara

👤mediaindonessia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:54 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menilai kontribusi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada tahun 2021 belum optimal dibandingkan...
Ist/DPR

Pembangunan Infrastruktur di Labuan Bajo Diharapkan Berdampak Positif bagi Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:44 WIB
Komisi V DPR berharap dengan adanya pembangunan yang cukup masif di Labuan Bajo bisa berdampak positif bagi warga...
Ist/Kementan

Mentan Monitor Penanganan PMK di Kabupaten Sumedang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:35 WIB
Mentan SYL mengatakan bahwa selain vaksinasi pemerintah juga terus melakukan pengobatan dan penyemprotan kandang dengan disinfektan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya