Kamis 26 Agustus 2021, 17:20 WIB

Strategi Rekrutmen Kandidat Melalui Kampanye Media Sosial

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Strategi Rekrutmen Kandidat Melalui Kampanye Media Sosial

Dok.Kalibrr
Ilustrasi

 

MENURUT data yang dirilis Bank Indonesia, perekonomian Indonesia pada triwulan II 2021 mencatat pertumbuhan positif untuk pertama kali sejak merebaknya pandemi covid-19 pada awal 2020, sebesar 7,07% (year-on-year). Dikutip dari Badan Pusat Statistik, Indonesia telah mampu kembali ke zona perekonomian positif, mengakhiri masa resesi sejak 2020. Hal ini tentu saja menjadi angin segar bagi berbagai sektor perekonomian di negeri ini.

Sebab meski masih berjuang melawan pandemi, pemerintah juga berupaya meningkatkan perekonomian dalam negeri. Salah satunya dengan menerapkan percepatan transformasi digital dalam segala bidang. Kalibrr sebagai perusahaan teknologi yang merevolusikan proses rekrutmen perusahaan dan jasa employer branding turut menerapkan transformasi ini sebagai bagian dari strategi agar dapat beradaptasi pada perubahan rekrutmen konvensional ke rekrutmen daring dalam mencari kandidat yang tepat, yaitu menggunakan strategi publikasi melalui media sosial.

Baca juga: Lima Langkah Merekrut Karyawan di Tengah Pandemi

Salah satu faktor yang mendukung percepatan ekonomi adalah perusahaan-perusahaan yang terus aktif merekrut talenta terbaik melalui lowongan pekerjaan di berbagai level. Banyaknya permintaan sumber daya manusia yang meningkat, perekonomian diprediksi melambung selaras dengan menurunnya jumlah angka pengangguran (unemployment rate). Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk meracik formula baru dan mentransformasikan cara perekrutan karyawan agar semakin relevan dan lekat dengan keadaan saat ini.

“Di tengah situasi pandemi yang serba online kini, rekrutmen perusahaan dituntut untuk bisa menyesuaikan diri sesuai dengan keadaan new normal yang terjadi saat ini. Bagi sebagian perusahaan, tentu saja fakta ini bisa menjadi sebuah tantangan,” ujar Brigita Shela, penanggung jawab pelaksanaan proyek dan kampanye dari Kalibrr Indonesia.

“Perusahaan harus memiliki strategi khusus agar informasi penyebaran rekrutmen dan brand perusahaan dapat tersebar secara masif dan efektif. Hal ini diperlukan bagi perusahaan untuk menjangkau kandidat terbaik di Indonesia secara lebih luas dan merata,” tambahnya.

Kesempatan penggunaan media sosial dalam rekrutmen didukung pula oleh pertumbuhan jumlah pengguna media sosial yang terjadi di Indonesia, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. We Are Social mencatat, pengguna media sosial aktif di Indonesia berada di angka 170 juta jiwa atau sekitar 61,8% warga Indonesia telah melek teknologi dan menggunakan media sosial, presentase ini jauh di atas rata-rata dunia. Oleh karena itu, sosial menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mempromosikan berbagai hal, salah satunya untuk kampanye rekrutmen bagi beberapa perusahaan.

Penggunaan media sosial dalam kampanye rekrutmen bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan jika ingin menyasar jangkauan yang lebih luas dan memiliki target jumlah pelamar yang tinggi dalam setiap lowongan pekerjaan yang dimiliki. Hadirnya perusahaan melalui media sosial tak hanya berperan dalam menjangkau kandidat yang lebih luas, namun juga dapat memperluas tingkat kesadaran kandidat.

Saat mendistribusikan kampanye rekrutmen kepada audiens yang luas dan kompleks dapat menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi perusahaan yang belum mendalami media sosial untuk mengkomunikasikan informasi seputar rekrutmen. Perusahaan memerlukan strategi dan kiat-kiat khusus seperti perencanaan konten, pemilihan media yang tepat, penargetan audiens yang akurat, hingga pengukuran dan pelacakan metrikkampanye secara berkala.

Kalibrr telah membuktikan bahwa optimalisasi kampanye media sosial dapat mendukung keberhasilan proses rekrutmen perusahaan. Tak hanya dapat menjangkau lebih banyak calon kandidat, kampanye media sosial juga bisa membangun relasi dan interaksi secara langsung dari perusahaan kepada audiens untuk mengenal informasi seputar kebutuhan dan cara kerja perusahaan. Melalui kampanye media sosial, hal-hal yang ingin disampaikan perusahaan pun dapat disalurkan dengan cara yang lebih kreatif, inovatif dan tech-savvy.

Kebutuhan dari setiap perusahaan akan berbeda, sesuai dengan tujuan dan sasaran kampanye rekrutmen yang dilaksanakan. Langkah pertama yang dilakukan Kalibrr dalam penyusunan kampanye media sosial adalah menyelaraskan komunikasi terkait persona dan branding yang ingin disampaikan perusahaan. Kalibrr meyakini bahwa gaya komunikasi perusahaan adalah hal yang harus diperhatikan dalam  pembuatan kampanye media sosial untuk dapat menarik dan menjangkau skala yang besar.

Pemilihan channel dan platform yang tepat untuk target audiens juga perlu disesuaikan dan dimaksimalkan sesuai kebutuhan perusahaan. Dalam implementasi kampanye media sosial,  Kalibrr merekomendasikan mitra-mitranya untuk menunjukkan sinergi antar channel guna memiliki company presence dalam berbagai platform, seperti Facebook, Instagram, LinkedIn dan juga Search Engine.

Berangkat dari brand guideline perusahaan, Kalibrr kemudian mempersiapkan beberapa alternatif desain dan copywriting yang konsisten dengan tujuan rekrutmen. Alternatif desain dan copywriting inilah yang nantinya akan diuji melalui proses bernama A/B testing. Pengujian A/B testing pada dasarnya merupakan eksperimen di mana dua alternatif kampanye ditampilkan kepada pengguna. Menggunakan analisis statistik, pengujian ini bertujuan untuk menentukan alternatif aset yang bekerja lebih baik untuk sasaran konversi tertentu. Kampanye yang tampil dan memiliki performa paling baik kemudian akan dioptimalkan selama sisa waktu kampanye. Dengan demikian, perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan kapabilitas publikasi media sosialnya mendapat kemudahan melalui servis hulu ke hilir.
    
“Kalibrr melihat potensi dan tren media sosial akan menjadi strategi utama perusahaan dalam rekrutmen di tahun-tahun mendatang. Kami akan terus berkomitmen untuk memberikan servis kampanye media sosial bagi perusahaan untuk meningkatkan awareness dan persepsi kandidat terhadap semua mitra kami,” ujar Brigita Shela. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA

Kolaborasi Tingkatkan Akses Masyarakat dalam Berinvestasi Global

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:05 WIB
Dana investasi ini juga diinvestasikan secara global di saham-saham perusahaan inovatif (megatrend) yang merupakan perusahaan global dan...
Dok Aksrindo

Menebar Manfaat dari Nias Hingga Alas Roban

👤Iis Zatnika 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:09 WIB
Tanggung jawab perusahaan meliputi aspek sosial, ekonomi dan...
DOK OJK

OJK dan IJK Serahkan Donasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:50 WIB
Program 'OJK dan IJK Peduli Bencana' akan terus dibuka dan dikoordinir oleh OJK untuk mengumpulkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya