Jumat 06 Agustus 2021, 12:19 WIB

Garap Potensi Panas Bumi, PLN Dukung Pembentukan Holding Geothermal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Garap Potensi Panas Bumi, PLN Dukung Pembentukan Holding Geothermal

ANTARA/Anis Efizudin
Seorang warga memikul pupuk di perladangan sekitar instalasi sumur Geothermal PT Geo Dipa Energi di kawasan dataran Tinggi Dieng.

 

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) mendukung langkah pemerintah membentuk Holding Geothermal Indonesia (HGI) guna mengoptimalkan pengembangan potensi panas bumi di Tanah Air.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menuturkan pihaknya juga membantu rencana pemerintah mengonsolidasikan entitas-entitas usaha lain yang selama ini mengelola energi panas bumi ke dalam HGI.

"Tujuan utama dari pembentukan holding ini bukan untuk mengerdilkan satu sama lain, melainkan justru membesarkan setiap entitas dan menggarap potensi panas bumi sebesar-besarnya," tutur Agung dalam keterangan resmi, Jumat (6/8).

Baca juga: Presiden: Pertanian Harus Jadi Sektor yang Menguntungkan

PLN menyebut potensi energi panas bumi Indonesia saat ini mencapai 25 GW, atau setara 40% cadangan potensi panas bumi dunia.

Namun, pemanfaatannya baru sekitar 2,1 GW. Dengan melihat itu, PLN menegaskan diperlukan upaya terobosan untuk mengakselerasi pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit listrik.

Melalui holding ini, lanjut Agung, seluruh sumber daya, aset yang dimiliki oleh setiap entitas, termasuk sumber daya manusia dengan keahlian-keahlian spesifik, akan terus dioptimalkan. Proses ini akan menghasilkan holding panas bumi yang jauh lebih besar daripada yang sekarang ada.

Agung menambahkan, rencana pemerintah membentuk Holding Panas Bumi tersebut juga sesuai dengan Transformasi PLN dalam pilar green yang dicanangkan sejak 21 April 2020.

"PLN tentunya akan mendukung keputusan Pemerintah. Harapannya pembentukan holding ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi negara dan masyarakat," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro serta Contoh

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:54 WIB
Ada banyak banyak istilah yang harus dipahami agar bisa tahu perbedaan juga maknanya, apakah kalian tahu perbedaan ekonomi mikro dan makro...
Dok. Krakatau Posco

PT Krakatau Posco Raih Level Tertinggi dalam Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:28 WIB
Penilaian Penghargaan Industri Hijau didasarkan pada tiga aspek utama penilaian yakni efisiensi proses produksi, kinerja pengelolaan limbah...
DOK Sinar Mas Land.

Tunjang Gaya Hidup Sehat, Aerium Gandeng Artis dan Atlet Basket

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 18:57 WIB
Acara itu diikuti oleh 200 anak didik Aras Gading Muda beserta orangtua dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dalam Fun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya