Jumat 23 Juli 2021, 22:08 WIB

Kendaraan Listrik Gandakan Pangsa Pasar di Eropa

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Kendaraan Listrik Gandakan Pangsa Pasar di Eropa

AFP/Jens Schlueter.
Mobil listrik Volkswagen ID.3.

 

PANGSA pasar kendaraan listrik naik lebih dari dua kali lipat dalam penjualan mobil baru di Eropa pada kuartal kedua. Mobil hibrida juga membuat keuntungan, Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA) mengatakan Jumat (23/7).

Semua kendaraan listrik menyumbang 7,5% dari penjualan mobil baru di Eropa dalam tiga bulan dari April hingga Juni. Pangsanya hanya 3,5% selama periode yang sama tahun lalu.

Secara absolut, penjualan kendaraan listrik baterai tumbuh lebih dari tiga kali lipat di seluruh Eropa mencapai 210.298 mobil. 

ACEA mengatakan ada keuntungan substansial di empat pasar teratas di kawasan itu. Pasar tersebut dipimpin oleh penjualan lebih dari empat kali lipat di Spanyol dan Jerman.

"Kendaraan listrik hibrida plug-in (PHEV) memiliki kuartal kedua 2021 yang lebih mengesankan, dengan pendaftaran melonjak 255,8% menjadi 235.730 unit," kata ACEA. Penjualan hibrida juga meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 541.162 kendaraan, tetap menjadi kategori terbesar dari mobil bertenaga alternatif.

Sementara itu, pendaftaran kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel baru meningkat. Maklum, kendaraan yang terjual pada kuartal kedua tahun lalu rendah akibat banyak negara Eropa memberlakukan pembatasan bisnis yang ketat akibat pandemi.

Baca juga: Airlangga : Masih ada Sinyal Positif Indikator Ekonomi Dalam Negeri

Namun dalam hal pangsa pasar, baik kendaraan berbahan bakar bensin maupun solar mengalami penurunan yang sangat besar. Kendaraan berbahan bakar diesel melihat pangsa pasarnya turun menjadi 20,4% dari 29,4%. Kendaraan berbahan bakar bensin mengalami kontraksi yang lebih besar, menjadi 41,8% dari 51,9%. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

HUT Ke-44 BPJAMSOSTEK Momentum Perkuat Sinergi Pekerja dan Stakeholder

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:16 WIB
Beragam kegiatan untuk memperingati HUT BPJAMSOSTEK agar tercipta sinergi yang baik dan semangat positif bagi masyarakat pekerja di...
Ist

Menparekraf: Bangkitkan Ekonomi Bangsa Melalui Usaha Kreatif

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 18:52 WIB
Menurut Sandiaga Uno, para pelaku ekonomi kreatif sektor kuliner telah menunjukkan perkembangan cukup baik khususnya dari...
ANTARA/AHMAD SUBAIDI

Pendapatan Anjlok, Angkasa Pura I Tunggak Gaji Karyawan

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 18:50 WIB
"Dalam proses perjalanannya kita melakukan penundaan pembayaran beberapa tunjangan yang seharusnya menjadi hak-hak karyawan, termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya