Senin 05 Juli 2021, 21:11 WIB

PPKM Darurat, Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Direvisi

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
PPKM Darurat, Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Direvisi

Antara/Hafidz Mubarak A
Suasana jalan protokol ibu kota saat pemberlakuan PPKM darurat

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, ekonomi Indonesia akan mengalami pelambatan di triwulan III 2021 karena adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

“Jawa dan Bali merupakan 60% kontribusinya pada PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia, tentu akan berpengaruh pada triwulan III. Pada Triwulan III kita melakukan revisi, mungkin akan sedikit kontraksi, tapi masih di zona positif di kisaran 3,7% hingga 4%,” kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7).

Dia mengatakan, dengan penerapan PPKM Darurat, diharapkan akan terjadi penurunan kasus signifikan di Indonesia. Diharapkan penurunan akan terjadi bertahap, dari semula 20 ribu kasus positif per hari, menjadi 15 ribu per hari dan kembali menyusut menjadi 10 ribu kasus terkonfirmasi per hari. 

Setidaknya, Airlangga bilang, capaian positif pada penanganan covid-19 akan terlihat di awal Agustus 2021. Bila itu benar terjadi maka diharapkan kepercayaan masyarakat kembali pulih dan ekonomi mulai berjalan kembali.

Baca juga : Pemda Diminta Optimalkan APBD utnuk Dukung Pelaksanaan PPKM Ketat

“Di akhir triwulan IV diharapkan covid bisa terkendali, bisa ditangani di awal Agustus. Dengan skenario demikian, maka untuk full year, pertumbuhan ekonomi kita berada di kisaran 3,7% hingga 4,5%. Tentu ini bergantung pada perkembangan covid, utamanya strain Delta ini,” jelas Airlangga. 

Kendati demikian, sambung Airlangga, pemerintah masih optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2021 masih akan berada di kisaran 7%. Itu karena berbagai indikator perekonomian di tiga bulan kedua 2021 berada di jalur pemulihan yang tepat. 

Selain itu, kebijakan PPKM Darurat baru diberlakukan pada akhir Juni 2021. “DI triwulan II ini angka pertumbuhan 7% masih bisa tercapai karena PPKM Darurat baru berlaku akhir Juni,” kata Airlangga. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Presiden Dorong Kalangan Santri Jadi Entrepreneur

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 14:13 WIB
Peran pendidikan di pesantren, madrasah sangat strategis mencetak lulusan yang inovatif dan...
AFP/John Thys.

Unilever Indonesia Catat Penjualan Bersih Rp30 Triliun hingga September

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:58 WIB
Selain PPKM, Ira menuturkan tantangan usaha lain ialah kenaikan harga komoditas yang masih berlanjut dan semakin memengaruhi biaya produk...
AFP/Chaideer Mahyuddin.

Garuda Ditargetkan Bergabung ke Holding Aviasi pada 2023

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:49 WIB
Selanjutnya, Garuda akan bergabung dengan Aviata pada tahap ketiga setelah proses restrukturisasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya