Kamis 10 Juni 2021, 19:55 WIB

Pengelolaan Arsip Kementan Raih Penghargaan Kategori AA dari ANRI

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pengelolaan Arsip Kementan Raih Penghargaan Kategori AA dari ANRI

Ist/Kementan
Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementan Akhmad Musyafak menerima Penghargaan kategori AA 'Sangat Memuaskan' tingkat Kementerian dari ANRI.

 

KEMENTERIAN  Pertanian (Kementan) meraih Penghargaan kategori AA 'Sangat Memuaskan' tingkat Kementerian dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada peringatan Hari Kearsipan ke-50. Berdasarkan nilai hasil Pengawasan Kearsipan tahun 2020, Kementan mendapatkan skor yang nyaris sempurna 97,79. 

“Alhamdulillah, kami mensyukuri prestasi yang diberikan dan tentunya menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, dalam keterangan pers, Kamis (10/6/2021).

Kementan, disebut Kasdi, sejak 2019 sudah mendapatkan akreditasi kearsipan dengan nilai AA (Sangat Memuaskan) yang berlaku 5 tahun yakni sampai 2025. 

Sebagai upaya meningkatkan kinerja, Kementan ke depannya akan menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

SRIKANDI merupakan Aplikasi Umum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bidang kearsipan yang telah diresmikan  pada 27 Oktober 2020 lalu. 

“Penggunaan aplikasi tersebut diharapkan dapat mempercepat pengembangan arsip digital lingkup Kementan,” sebut Kasdi.

Pada kesempatan terpisah, Plt. Kepala ANRI M.Taufik mengatakan di tahun emas kearsipan ini, pemerintah bersungguh-sungguh untuk membangun arsip digital. Hal ini penting sebagai perwujudan pelayanan publik dan sekaligus meningkatkan kepercayaan publik terhadap masyarakat.

“Kita adalah chef-nya. Dapur informasi harus dibangun dengan mengelola arsip-arsip sebagai akuntabilitas. Arsip harus menjadi informasi dan pengetahuan,” katanya.

Taufik turut mengingatkan pengawasan kearsipan harus dilakukan secara sustainable karena arsip menjadi indikator penilaian Reformasi Birokrasi.

Malam puncak peringatan Hari Kearsipan Ke-50 diadakan di Gedung ANRI, Jakarta, pada Rabu (9/6/2021) kemarin. ANRI pada peringatan kali ini mengusung tema 'Tahun Emas Kearsipan Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital'.  

Penghargaan yang diberikan kepada Kementan kali ini diterima oleh Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementan Akhmad Musyafak. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Kemenperin Akselerasi Ekosistem Industri Baterai Litium Kendaraan Listrik

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:31 WIB
Kementerian Perindustrian terus mendorong percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan energi baru terbarukan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah.

Pemerintah Bangun Kawasan Wisata Borobudur Highland Rp350 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:17 WIB
Kawasan tersebut memiliki luas wilayah kurang lebih 309 hektare. Dari luas itu, sekitar 50 hektare akan bersertifikat HPL (hak...
DOK Pribadi.

Stimulus Pemerintah Bantu Pelaku Sektor Pariwisata Bertahan saat Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:17 WIB
Juliyana mengakui bahwa stimulus dan upaya yang dilakukan pemerintah turut mendukungnya bertahan di tengah situasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya