Senin 07 Juni 2021, 21:48 WIB

Buat Dividen, Saudi Aramco Jual Obligasi Syariah Perdana

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Buat Dividen, Saudi Aramco Jual Obligasi Syariah Perdana

AFP/Ahmad Ei Itani/Aramco.
Kilang Aramco.

 

SAUDI Aramco pada Senin (7/6) memulai penjualan obligasi syariah berdenominasi dolar AS yang pertama. Maklum, perusahaan raksasa energi itu berusaha mengumpulkan uang tunai untuk mendanai pembayaran dividen yang besar.

Penjualan sukuk atau obligasi Islam yang sesuai dengan keyakinan Muslim akan berakhir pada 17 Juni, kata Saudi Press Agency, tanpa merinci jumlah uang tunai yang ingin dikumpulkan Aramco.

Penjualan tersebut terjadi setelah dua penawaran obligasi sebelumnya yang tidak sesuai dengan hukum Islam. Penjualan perdana senilai US$12 miliar pada 2019 dan kedua US$8 miliar pada November tahun lalu.

Perusahaan mengumpulkan uang untuk membantu membayar dividen tahunan sebesar US$75 miliar. Ini merupakan sumber pendapatan utama bagi pemerintah Saudi sebagai pemegang saham terbesar Aramco.

Aramco, sapi perah kerajaan, berjanji untuk membayar dividen ketika berusaha menghasilkan bunga dalam penawaran umum perdana perdana di bursa Saudi pada Desember 2019. Tetapi keuangan perusahaan berada di bawah tekanan tahun lalu, ketika harga minyak mentah merosot karena pandemi virus korona melemahkan permintaan global.

Bulan lalu, Aramco mengumumkan kenaikan laba kuartal pertama sebesar 30% berkat pemulihan harga minyak. Namun arus kas bebas perusahaan kurang dari kewajiban dividen US$18,75 miliar untuk periode itu.

 
 
Aramco mendorong untuk mengumpulkan uang tunai karena Riyadh menghadapi defisit anggaran yang membengkak dan mengejar proyek multimiliar dolar untuk mendiversifikasi ekonominya yang bergantung pada minyak. Pada April, Aramco mengatakan telah mencapai kesepakatan US$12,4 miliar untuk menjual saham minoritas dalam bisnis pipa minyak yang baru dibentuk ke konsorsium yang dipimpin oleh EIG Global Energy Partners yang berbasis di AS. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara/Jessica Wuysang.

Bandara Tebelian Sintang Kalbar Beroperasi 17 Desember

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:48 WIB
Dengan infrastrukur yang memadai, distribusi barang atau logistik pun diyakini semakin lancar sehingga biaya logistik di Indonesia bisa...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Erick Tunjuk Eks Wakil Kepala Densus 88 Jadi Komisaris RNI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:30 WIB
Penetapan ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-390/MBU/12/2021 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT...
DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub BSD City Bangun Gedung Baru Bernama Knowledge Hub

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:25 WIB
Gedung Knowledge Hub tahap pertama itu dirancang oleh NBBJ selaku perusahaan arsitektur asal Amerika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya