Jumat 04 Juni 2021, 14:39 WIB

Kementan Dorong Kapasitas Penyuluh dan Petani di Sleman

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan Dorong Kapasitas Penyuluh dan Petani di Sleman

DOK KEMENTAN
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi (kiri).

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas penyuluh dan petani di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Hal tersebut disampaikan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, saat mendatangi UPTD BP4 Wilayah III Kabupaten Sleman, Jumat (4/6/2021).

Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mengatakan, peningkatan kualitas SDM sangat penting. "Karena SDM memegang peranan paling penting dalam peningkatan produktivitas pertanian," tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menilai UPTD BP4 Wilayah III Kabupaten Sleman luar biasa. "UPTD ini luar biasa. Karena ternyata di sini petani milenial mulai tumbuh, itu yang akan kita genjot. Selain itu Komoditas pertanian juga sudah mulai banyak," katanya. 

Baca Juga: Bupati Sleman Dukung Kementan Tumbuhkan 1.000 Petani Milenial

Menurutnya, BPP Kostratani yang sudah dibangun AOR dan terhubung dengan AWR di Kementan, bisa meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyuluh dan petani. "BPP di Kecamatan Seyegan akan kita dorong terus. Bahkan bisa kita duplikasi di tempat lain, kita tingkatkan kualitas penyuluh dan petani untuk mendongkrak produktivitas. Semangatnya luar biasa, penyuluh semangatnya tinggi, semangat membimbing petani untuk meningkatkan kualitas. Semangat inilah yang kita butuhkan," katanya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, program pemerintah Kabupaten Sleman untuk pertanian sangat luar biasa. "Utamanya terhadap petani milenial. Program ini ternyata konkret di Kabupaten Sleman, pembangunan pertaniannya sudah berjalan. Bahkan,  ibu Bupati mencanangkan 1000 petani milenial juga sekolah untuk petani milenail. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian akan full support," katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan pihaknya sangat konsen untuk menjaga ketahanan pangan. "Memang konsen kami adalah untuk ketahanan pangan. Untuk itu, kita melibatkan semua petani milenial di Kabupaten Sleman. Kita buka sekolah petani milenial. Tapi memang kita harus melihat regulasinya dulu. Tapi ke depan, kita akan berusaha semaksimal mungkin bekerja sama dengan Kementan. Karena programnya hampir sama," tuturnya. 

Baca Juga: Menko Airlangga: Pertanian Makin Tangguh di Masa Pandemi

Bupati juga berterimakasih ke Kementerian Pertanian. "Kementan khususnya BPPSDMP punya program menarik. Ada program pelatihan, ada sistem modal dan lain sebagainya. Nanti kita sampaikan kepada masyarakat yang berminat. Tapi harapan saya adalah dengan gabungnya beliau nanti bisa bekerjasama dari pusat maupun daerah, khususnya di Kabupaten Sleman," ujarnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist/Kementan

Patuhi Aturan, Kementan Tunda Keberangkatan Peserta Magang ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:09 WIB
BPPSDMP, Kementan, memberikan kesempatan kepada generasi muda khususnya petani muda untuk belajar tentang tata kelola pertanian yang maju,...
ANTARA

Gelontorkan Rp508 M, PUPR Mulai Tata Kawasan Pura Besakih di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 15:28 WIB
PUPR melalui Ditjen Cipta Karya menggunakan mekanisme rancang dan bangun (design and build) melalui kontrak tahun jamak tahun anggaran...
Antara

Demokrasi Siluman Lahirkan APBN Sakit

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 14:38 WIB
APBN merupakan hasil dari sistem demokrasi yang berjalan saat ini. Indonesia disebutnya sedang menjalani sistem demokrasi siluman yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya