Jumat 07 Mei 2021, 07:00 WIB

Bank Mandiri Terbitkan Bank Garansi Permudah Proyek Pemerintah

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bank Mandiri Terbitkan Bank Garansi  Permudah Proyek Pemerintah

Ist
Bank Mandiri terus berinovasi untuk mempermudah proses penerbitan Bank Garansi.

 

BANK Mandiri terus berinovasi untuk mempermudah proses penerbitan Bank Garansi yang diperlukan kontraktor dan pemasok untuk melaksanakan proyek-proyek pemerintah. Kemudahan itu diberikan dalam berbagai aspek, termasuk persyaratan serta proses yang cepat dan terdigitalisasi.

Menurut Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan, inisiatif ini akan membantu kontraktor melaksanakan proyek-proyek pemerintah secara tepat waktu dan tepat anggaran. Terlebih, Bank Mandiri memiliki kanal digital bagi nasabah untuk mengakses transaksi perdagangan dan Bank Garansi dengan cepat dan mudah yakni Mandiri Global Trade.

Harapannya, sejalan dengan ‘Spirit Memakmurkan Negeri’, Bank Mandiri meyakini inisiatif dan langkah ini akan menjadi salah satu solusi bagi kondisi perekonomian yang masih dibayangi pandemi covid-19 serta membutuhkan penguatan melalui reformasi struktural guna membangun fondasi kuat bagi pemulihan ekonomi yang berkelanjutan. 

“Melalui inisiatif Bank Garansi untuk proyek pemerintah, kami ingin mengoptimalkan layanan Bank Garansi kepada nasabah pelaku usaha, baik pemasok barang/jasa maupun kontraktor dengan memberikan kelonggaran persyaratan penjaminan hingga 0%. Hal ini didukung oleh platform Mandiri Global Trade yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga nasabah dapat menikmati layanan Bank Garansi secara lengkap yang mudah dan tanpa biaya registrasi,” kata Panji dalam keterangannya, Rabu (21/4).

Tak hanya itu, tambahnya, proses penerbitan pun bisa dilakukan pada hari yang sama (same day service), serta dicetak di lokasi terdekat dengan tempat penyerahan, jika diperlukan (remote printing).  Inisiatif digital ini juga sejalan dengan kebijakan pembatasan aktivitas sosial untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Apalagi, kami juga memiliki kerjasama yang baik dengan mitra Bank Kores­ponden maupun perusahaan Asuransi dan Lembaga Penjaminan. Ini semakin menambah opsi bagi cover Bank Garansi yang kami terbitkan,” tuturnya.

Panji menjelaskan, fasilitas Bank Garansi sangat penting mengingat proyek yang diadakan oleh pemerintah membutuhkan jaminan pada tiap fase transaksi sejak proses tender hingga pemeliharaan. 

“Selain itu, Kredibilitas Bank Mandiri sebagai BUMN dengan dukungan pendanaan yang kuat akan memberikan kepercayaan bagi Lembaga/Kementerian/Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) penerima Bank Garansi,” kata Panji.

Panji menambahkan, Bank Garansi yang diterbitkan Bank Mandiri terus menjadi salah satu pilihan ­utama kontraktor. Hal ini terlihat pe­nguasaan pasar (market share) Bank Garansi Bank Mandiri yang mencapai 31,6% dalam kondisi ekonomi yang terkontraksi di sepanjang 2020, atau meningkat dari 29,9% per Desember 2019.

“Dari market share tersebut, outstanding nilai penerbitan Bank Garansi Bank Mandiri per Desember 2020 mencapai Rp 107,1 Triliun. Hal ini semakin mengukuhkan Bank Mandiri sebagai bank utama penyedia layanan Bank Garansi di Indonesia,” katanya.

Dalam konteks pemulihan ekonomi nasional, menurut Panji, proyek-proyek Kementerian dan Lembaga Negara perlu didukung secara optimal agar bisa dieksekusi secara cepat dan efisien sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian.

“Harapan kami, inisiatif Bank Garansi untuk Proyek ABPN yang didukung dengan digitalisasi Mandiri Global Trade dapat menjadi solusi terbaik bagi percepatan pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Panji. 

Mandiri Global Trade (MGT) sendiri merupakan layanan bank online bagi transaksi ekspor, impor, perdagangan lokal  dan Bank Garansi. Berbasis web dan dapat diakses 24 jam 7 hari seminggu, MGT dapat diakses nasabah untuk mendapatkan informasi ketersediaan dan penggunaan limit fasilitas secara real time serta memantau status transaksi trade dan bank garansi dengan mudah. Layanan MGT tersedia bagi nasabah secara gratis dengan melakukan registrasi.

Demi kenyamanan penerima Bank Garansi, Bank Mandiri senantiasa mengimbau penerima Bank Garansi Bank Mandiri untuk melakukan konfirmasi keabsahan di cabang penerbit Bank Garansi. Di tengah pembatasan kegiatan masya­rakat selama pandemi Covid-19, konfirmasi Bank Garansi Bank Mandiri juga dapat dilakukan secara online melalui MGT.

“Dengan Mandiri Global Trade, pihak penerima Bank Garansi Mandiri juga dapat melakukan verifikasi untuk mengetahui keabsahan dokumen, tanpa harus ke cabang penerbit BG,” tutup Panji. (RO/S2-25)

Baca Juga

Foto/OJK

Penawaran Pinjaman Online Melalui SMS/WA adalah Ilegal

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 15:15 WIB
Ingat, fintech lending atau pinjol yang terdaftar dan berizin di OJK tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi...
ANTARA

Pemerintah Direkomendasikan Perbaiki Pengelolaan Anggaran

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 22 Juni 2021, 15:08 WIB
BPK merekomendasikan pemerintah untuk melakukan perbaikan pengelolaan dan pertanggungjawaban APBN tahun mendatang untuk segera...
Antara

Setelah Idulfitri, Peredaran Uang Elektronik Alami Kenaikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:55 WIB
Di lain sisi, pelambatan terjadi pada mayoritas komponen M1 dan uang kuasi. Adapun M1 meliputi uang kartal yang dipegang masyarakat dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya