Kamis 15 April 2021, 13:43 WIB

Maret, Neraca Dagang Indonesia Surplus US$1,57 Miliar

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Maret, Neraca Dagang Indonesia Surplus US$1,57 Miliar

Antara/Muhammad Adimaja.
Suasana Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

NERACA perdagangan Indonesia tercatat surplus US$1,57 miliar pada Maret 2021. Itu terjadi lantaran total nilai ekspor nasional tercatat US$18,35 miliar, lebih tinggi dari total nilai impor US$16,79 miliar.

Angka surplus itu juga lebih baik bila dibandingkan dengan surplus Maret 2020 dan 2019 yang tercatat masing-masing US$0,72 miliar dan US$0,7 miliar. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam konferensi pers secara virtual menuturkan, performa dari ekspor dan impor Indonesia pada Maret 2021 cukup baik dan mengesankan.

Pasalnya, baik ekspor maupun impor, memiliki pertumbuhan dua digit yakni 20,31% dan 26,55% secara bulanan (month to month/mtm). Sedangkan bila dibandingkan dengan periode sama di 2020 (year on year/yoy), terjadi pertumbuhan ekspor dan impor masing-masing sebesar 30,47% dan 25,73%.

 

"Performa ekspor dan impor pada Maret 2021 sangat bagus sekali, impresif. Sementara impor juga naik tinggi karena ada kenaikan impor baik untuk barang konsumsi, barang penolong, maupun barang modal," kata Suhariyanto.

Pria yang karib disapa Kecuk itu menambahkan, pergerakan ekspor dan impor nasional itu sejalan dengan beberapa indikator ekonomi nasional rilisan lembaga internasional yang menunjukkan perbaikan. Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur Indonesia yang dirilis IHS Markit, misalnya, menunjukkan industri pengolahan nasional berada di level ekspansif pada posisi 53,2 di Maret 2021.

Itu berarti optimisme dari pelaku industri manufaktur meningkat seiring dengan bergulirnya program vaksinasi, permintaan komoditas yang perlahan mulai pulih, dan diikuti dengan peningkatan harga. "Ini sangat bagus untuk perkembangan ekspor dan impor Indonesia. Kami berharap ke depan performa Maret ini bisa terulang di bulan-bulan berikutnya," ujar Kecuk. (OL-14)

Baca Juga

Antaranews.com

Mendag Bangga Tempe Bisa Diekspor ke Jepang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 Juni 2021, 20:58 WIB
Eksportir PT Arumia Kharisma Indonesia (PT Arumia) dengan pelaku UKM  Rumah Tempe Azaki melakukan ekspor perdana produk tempe sebesar...
Dok. Bank Syariah Indonesia

Kolaborasi BSI-Peruri Perkuat Keuangan Syariah di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 Juni 2021, 20:49 WIB
Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, kerja sama strategis itu akan membangun negeri dengan bentuk pemanfaatan produk dan jasa...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Indef: Jika Covid-19 Tidak Dikendalikan, Ekonomi akan Terus Negatif

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 18 Juni 2021, 20:45 WIB
Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terus berada di level negatif apabila pengendalian COVID-19 tidak dilakukan secara menyeluruh dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya