Kamis 08 April 2021, 14:41 WIB

Industri Perbankan Punya Risiko Besar Terdisrupsi Teknologi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
 Industri Perbankan Punya Risiko Besar Terdisrupsi Teknologi

MI/M Irfan.
Petugas melayani nasabah yang membuka rekening di sela-sela acara Grand Launching BRI Mobile di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

INDUSTRI perbankan memiliki risiko besar untuk didisrupsi oleh inovasi khususnya bidang teknologi. Hal ini ditandai dengan maraknya transaksi menggunakan e-channel dan mulai ditinggalkannya transaksi tradisional.

"Saya kasih contoh dari data BCA terjadi perubahan bertransaksi dari 2019 ke 2020. Transaksi di cabang turun 25% yoy. Transaksi ATM turun 8% yoy. Internet banking itu naiknya 41% yoy dan mobile banking naiknya sampai 56% yoy," ungkap  Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Haryanto T Budiman dalam forum Human Capital Summit 2021 secara virtual, Kamis (8/4).

Lebih lanjut, Haryanto menambahkan pada masa pandemi covid-19, perubahan transaksi sangat luar biasa. Nasabah menjadi malas pergi ke cabang dan memegang uang tunai, sehingga banyak transaksi melalui mobile channel.

"Jadi tantangan untuk para bankir untuk kondisi kenormalan baru, teknologi ini akan digunakan secara masif. Saat ini akan beralih pada digitalisasi. New working model juga harus pakai teknologi," kata Haryanto.

Selain itu, dia menambahkan bahwa bankir harus bisa berkompetisi dan berkolaborasi antarindustri dan antarnegara. "Jadi kalau dulu kita bilang fintech musuh tapi sekarang kita bisa bekerja sama dengan fintech. Memperbaiki produk dan service perbankan dengan melihat behavior dari nasabah. Kita harus menghasilkan produk yang better, faster, dan cheaper," tuturnya. (OL-14)

Baca Juga

foodal.com

Sulawesi Tenggara Ekspor Perdana 26 Ton Pala ke Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 23:55 WIB
Sultra adalah salah satu daerah penghasil pala di Indonesia, dan pala yang dihasilkan oleh para petani selama ini banyak dipasarkan ke...
Ist

BPJAMSOSTEK Realisasikan Manfaat Beasiswa Rp174 Juta untuk 2 Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:35 WIB
Permenaker No 5 Tahun 2021 mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat program JKK, JKM, dan JHT, dengan salah satunya adalah...
sanmarcosrecord.com

14,5 Ton Semangka Diekspor ke Uni Emirat Arab

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:28 WIB
Ekonomi Indonesia harus tumbuh tiga kali lipat GDP per kapita hingga tahun 2038. Jika tidak, Indonesia akan terperangkap dengan jebakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya