Kamis 08 April 2021, 14:41 WIB

Industri Perbankan Punya Risiko Besar Terdisrupsi Teknologi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
 Industri Perbankan Punya Risiko Besar Terdisrupsi Teknologi

MI/M Irfan.
Petugas melayani nasabah yang membuka rekening di sela-sela acara Grand Launching BRI Mobile di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

INDUSTRI perbankan memiliki risiko besar untuk didisrupsi oleh inovasi khususnya bidang teknologi. Hal ini ditandai dengan maraknya transaksi menggunakan e-channel dan mulai ditinggalkannya transaksi tradisional.

"Saya kasih contoh dari data BCA terjadi perubahan bertransaksi dari 2019 ke 2020. Transaksi di cabang turun 25% yoy. Transaksi ATM turun 8% yoy. Internet banking itu naiknya 41% yoy dan mobile banking naiknya sampai 56% yoy," ungkap  Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Haryanto T Budiman dalam forum Human Capital Summit 2021 secara virtual, Kamis (8/4).

Lebih lanjut, Haryanto menambahkan pada masa pandemi covid-19, perubahan transaksi sangat luar biasa. Nasabah menjadi malas pergi ke cabang dan memegang uang tunai, sehingga banyak transaksi melalui mobile channel.

"Jadi tantangan untuk para bankir untuk kondisi kenormalan baru, teknologi ini akan digunakan secara masif. Saat ini akan beralih pada digitalisasi. New working model juga harus pakai teknologi," kata Haryanto.

Selain itu, dia menambahkan bahwa bankir harus bisa berkompetisi dan berkolaborasi antarindustri dan antarnegara. "Jadi kalau dulu kita bilang fintech musuh tapi sekarang kita bisa bekerja sama dengan fintech. Memperbaiki produk dan service perbankan dengan melihat behavior dari nasabah. Kita harus menghasilkan produk yang better, faster, dan cheaper," tuturnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Penerimaan Daerah dari Pajak dan Retribusi Diprediksi Naik 50% saat RUU HKPD Berlaku Efektif 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:17 WIB
Sri Mulyani memastikan penyederhanaan jenis PDRD tidak akan mengurangi jumlah PDRD yang akan diterima...
Dok Lanxess

Permintaan Komponen Otomotif Naik, Lanxess Perluas Jaringan Produksi Plastik Teknologi Tinggi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:14 WIB
Produk plastik berteknologi tinggi dengan jenama Durethan dan Pocan itu memungkinkan konstruksi komponen yang dapat menggantikan bagian...
Antara/Reno Esnir

Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Bagian dari Komitmen Pengurangan Emisi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:38 WIB
Adapun penjualan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) secara global menurut Bloomberg pada 2030 diprediksi mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya