Rabu 07 April 2021, 17:55 WIB

Penilaian Konsumen di Marketplace Pengaruhi Kekuatan Merek

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Penilaian Konsumen di Marketplace Pengaruhi Kekuatan Merek

DOK Pribadi.
.

 

MENJADI merek (brand) pilihan konsumen tentu diinginkan setiap perusahaan di Indonesia. Perkembangan teknologi digital turut membawa perubahan besar dalam aktivitas branding. Kehadiran teknologi digital memungkinkan setiap orang mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan secara akurat serta lengkap dengan informasi pembanding antara satu merek dengan lainnya dalam waktu singkat di ranah daring.

Karena itu penting bagi suatu merek untuk hadir secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, marketplace, mesin pencari, bahkan media sosial untuk menjadi pilihan dan direkomendasi konsumen. CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo mengatakan, digitalisasi telah mendisrupsi hampir seluruh lini bisnis dalam waktu singkat. Jika sebelumnya merek perlu melewati proses yang tidak sebentar untuk memiliki brand equity yang kuat, kini membangunnya bisa menjadi lebih cepat.

Kondisi tersebut semakin lengkap dengan kehadiran marketplace yang tidak hanya menyajikan kelengkapan produk, tapi juga memanjakan konsumen melalui tools, seperti pencarian produk, pemberian rating, hingga review. Pilihan dan informasi yang disajikan membuat konsumen menjadi lebih mudah menemukan suatu produk dan memilih merek. "Harga, review atau rating, serta informasi yang akurat terkait produk menjadi value yang bisa menjadi faktor utama pendorong konsumen untuk memilih dan membeli bahkan merekomendasikan produk di dunia digital, khususnya e-commerce," jelas Tri.

Head of Life Solutions Sales & Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Rawenda mengungkapkan perkembangan digital marketing yang hebat selama 10 tahun terakhir telah menjadi prioritas bagi perusahaan, khususnya pompa air. Dengan menggandeng online shop seperti blibli.com, jualelektronik.com, rumahpompaofficial, dan JD.ID membuat pompa air Pansonic semakin dikenal dan tetap menjadi pilihan untuk konsumen. "Selain itu konten yang informatif dan promo yang menarik lewat media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan Tiktok) yang kami punya menjadi referensi agar konsumen dapat memilih pompa Panasonic sebagai pilihan utama untuk kebutuhan di rumah," jelas Rawenda.

Untuk melihat merek pilihan konsumen, Tras N Co Indonesia, sebagai perusahaan konsultan yang fokus digital brand monitoring, menginisiasi survei Brand Choice Index sebagai riset keterpilihan merek atas produk yang ditawarkan kepada konsumen berdasarkan survei digital melalui platform marketplace atau e-commerce. Survei Brand Choice Index berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu digital brand awareness, digital consumer choice, dan digital consumer reviews & rating.

Survei dilakukan pada Desember 2020-Februari 2021 terhadap 70 kategori produk dengan lebih dari 500-an merek tersurvei. Selanjutnya, merek-merek yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya berhak meraih penghargaan Brand Choice Award 2021.

Hasil survei Brand Choice Index untuk fase pertama dari 70 kategori produk yang disurvei menunjukkan 10 kategori dari produk paling banyak dicari di internet yaitu AC dengan (119,6 ribu) pencarian, bedak wajah (114,4 ribu), hand sanitizer (96,7 ribu), blender (96,4 ribu), laptop (86,7 ribu), micellar water (74,9 ribu), mesin cuci (62,8 ribu), sampo (55,3 ribu), facial wash (48,7 ribu), dan printer (47,9 ribu). Sementara 10 kategori dengan transaksi terbanyak untuk fase pertama dari 70 kategori produk yang disurvei berdasarkan data official store di dua marketplace yaitu body lotion sebanyak 2,03 juta transaksi, sampo (1,3 juta), sabun mandi cair (999,3 ribu), facial wash (952,7 ribu), pasta gigi (906,1 ribu), deterjen (751,1 ribu), micellar water (742,8 ribu), facial foam (675,8 ribu), deodoran (647,2 ribu), dan bedak wajah (630,8 ribu).

Adapun merek yang berhasil menjadi juara Brand Choice Award 2021 antara lain Panasonic untuk kategori (pompa air), Gree (AC), Senka (facial foam dan facial wash), Miranda (vitamin rambut), Blackmores (vitamin C), Herborist (face & body scrub), Veger (power bank), Oxone (oven & microwave), Modena (water heater), Sharp (mesin cuci, vacuum cleaner, dispenser, lemari es, AC, oven & microwave, air purifier, dan air cooler). Selain itu masih ada lagi ratusan merek lain yang namanya menjadi pilihan konsumen. (RO/OL-14)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Bantu Peternak Terdampak Banjir di Bima NTB

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 08:11 WIB
Bantuan stimulan bagi peternak oleh Ditjen PKH Kementan ini, selain menyasar kelompok ternak pada beberapa desa di Kecamatan Monta, ...
MI/Dok Kemenag RI

Mastuki: Bahan Halal Mendesak Disiapkan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:30 WIB
Untuk pemenuhan bahan halal, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mendorong perguruan tinggi melakukan riset dan...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Krisis Listrik, PLN Batu Bara Harus Bisa Beri Solusi

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:00 WIB
Laskar Rakyat Jokowi (LRJ) meminta kinerja PT PLN Batubara untuk memberikan contoh baik dalam memegang komitmen bisnis dengan mitra,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya