Selasa 09 Maret 2021, 18:22 WIB

Tekanan Nilai Tukar Rupiah Berlanjut

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Tekanan Nilai Tukar Rupiah Berlanjut

Antara
Ilustrasi

 

DALAM perdagangan Selasa (9/3), nilai tukar rupiah ditutup melemah 45 poin di level Rp14.405 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.360.

Nilai tukar dolar AS bertahan di dekat level tertinggi 3,5 bulan terhadap para pesaingnya karena imbal hasil obligasi yang lebih tinggi, disertai ekspektasi normalisasi ekonomi yang lebih cepat dari pandemi di AS. Sehingga menempatkan mata uang dolar pada keuntungan.

"Dari domestik, pemerintah DKI Jakarta kembali memperpanjang PPKM mikro mulai 8-22 Maret 2021. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di masa libur panjang hari keagamaan Isra’ mi’raj dan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 11 dan 14 Maret 2021," kata Direktur PT TRFX Ibrahim Assuaibi, Selasa (9/3).

Selain itu Pemerintah juga terus melakukan vaksinasi yang saat ini berfokus terhadap lansia yang berumur 60 tahun ke atas.

Secara bersamaan rilis penjualan ritel Indonesia masih lemah, pertumbuhan negatif terus terjadi. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditengarai menjadi penyebab rendahnya permintaan yang membuat penjualan ritel lesu.

Bank Indonesia (BI) melaporkan, penjualan ritel yang dicerminkan oleh Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Januari 2021 berada di 182. Turun 4,3% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/ MtM).

Namun perubahan bulanan banyak dipengaruhi oleh faktor musiman. Misalnya, penjualan ritel Januari tentu tidak sebaik Desember yang diwarnai momentum Hari Natal dan Tahun Baru.

Oleh karena itu, yang lebih mencerminkan situasi sebenarnya tanpa intervensi faktor musiman adalah perubahan tahunan (year-on-year/YoY).

"Di sini penjualan ritel masih amblas belasan persen. Pada Januari 2021, penjualan ritel tumbuh -16,4% YoY. Membaik dibandingkan bulan sebelumnya yang -19,2% YoY, tetapi masih lumayan dalam," kata Ibrahim. (OL-13)

Baca Juga

Antara/Jojon

5 Komoditas ini Rentan Naik Harga Jelang Idul Fitri,Ini Saran CIPS

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 17:42 WIB
lima komoditas yang harganya tinggi secara terus menerus sejak November 2020 adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah...
Antara

KKP: Kegiatan Ekonomi di Laut Harus Ramah Lingkungan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 17:26 WIB
Pemanfaatan ruang laut untuk kegiatan ekonomi cukup beragam. Seperti, penanaman kabel bawah laut, pengeboran minyak dan gas alam, hingga...
Antara

PLN Pulihkan 92% Kelistrikan di Adonara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 16:54 WIB
Dirinya melanjutkan, dari 105 desadi Pulau Adonara yang terdampak, 98 desa listriknya sudah kembali...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya