Jumat 26 Februari 2021, 20:19 WIB

67% UMKM Indonesia Belum Menerima Pembiayaan

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
67% UMKM Indonesia Belum Menerima Pembiayaan

Antara
UMKM

 

DIREKTUR Hubungan Kelembagaan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Sis Apik Wijayanto, menyebutkan mayoritas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) belum menerima pembiayaan.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM jumlah UMKM di Tanah Air mencapai 64,2 juta dan 67 persen UMKM belum menerima pembiayaan. Padahal UMKM merupakan potensi yang sangat kuat menjaga potensi pertumbuhan perekonomian.

"Ini adalah salah satu potensi kolaborasi dengan lembaga keuangan. Sebanyak 67% ini adalah potensi yang akan kita garap bersama termasuk di perbankan. Ini adalah potensi bagi bank," kata Wijayanto dalam webinar Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Peningkatan Daya Tahan UMKM: Mampukah Melewati Krisis? yang diadakan Infobank, Jumat (26/2).

Wijayanto mengharapkan kolaborasi ini diharapkan segera terwujud sehingga perlu dukungan dari asosiasi, BPR, dan pemerintah daerah.

Baca juga : The Indonesia 2021 Summit Bahas Peluang Kebangkitan Ekonomi

Peran UMKM sendiri memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) 60,34%; menyerap tenaga kerja hingga 67,02%; kontribusi ekspor 14,5%; dan menyediakan lapangan kerja hingga 99%.

Selain itu, Wijayanto menjelaskan total pertumbuhan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2020 mencapai 33,6% (yoy) dengan penyaluran Rp32,6 triliun dan pada 2021 diberikan target oleh pemerintah yakni Rp29 triliun.

"Yang membanggakan adalah kualitas KUR sangat baik karena pra NPL (non performing loan) sangat kecil yakni 1,3% dan NPL 0,2%. Selain itu, menambah debitur 76 ribu orang sehingga debitur di BNI berjumlah 317 ribu debitur," ujar Wijayanto. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Jakarta masih Favorit Untuk Bisnis Properti

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 15 April 2021, 09:38 WIB
CEO PT Djuragan Kreatif Indonesia, M Daffa Trinanda menyampaikan, lokasi yang strategis menjadi salah satu pertimbangan penting ketika...
Dok.BAnk Jago

Perkuat Posisinya, Bank Jago Luncurkan Aplikasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 09:08 WIB
Teknologi modern Jago juga memfasilitasi integrasi yang cepat dan aman dengan sejumlah mitra digital ekosistem menggunakan APIs. Jago telah...
DOK POS INDONESIA

Pos Indonesia Berbagi Jutaan Takjil Gratis pada POSweet Ramadan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 05:00 WIB
PT Pos juga akan memberikan undian gratis berhadiah 15 paket umrah bagi pelanggan yang bertransaksi pada 20 April-31 Mei...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya