Jumat 29 Januari 2021, 15:18 WIB

PLN Luncurkan Aplikasi Charge.In untuk Pengisian Kendaraan Listrik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PLN Luncurkan Aplikasi Charge.In untuk Pengisian Kendaraan Listrik

MI/Andri Widiyanto
Pengemudi kendaraan listrik melakukan pengisian daya di SPKLU PLN.

 

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meluncurkan aplikasi Charge.In bagi pengguna kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Aplikasi dapat digunakan untuk mengisi daya kendaraan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
 
"Aplikasi charger ini adalah yang pertama pada SPKLU bagi konsumen pemilik KBLBB. Dengan aplikasi ini, pengisi KBLBB bisa mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil listrik," ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/1).

Baca juga: Cuaca Ekstrem Melanda, ESDM Pastikan tidak Ada Pemadaman Listrik

Zulkifli menyebut peluncuran aplikasi sejalan dengan upaya pemerintah untuk menekan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Serta, mendukung Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

"PLN terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk memilih KBLBB. Baik melalui aplikasi Charge.In maupun aplikasi PLN mobile. Ke depan, aplikasi ini akan saling terkoneksi, terhubung dan juga tersinkronisasi," jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak stakeholder dan instansi terkait untuk mendukung program KBLBB. Sehingga, program tersebut bisa terealisasi lebih cepat.

Baca juga: Ini Strategi Pemerintah untuk Bangkitkan Ekonomi Nasional

“Kami sudah memulainya dengan pengadaan kendaraan bermotor untuk kebutuhan operasional dan bantuan angkutan umum massal, yang diarahkan kepada kendaraan bermotor listrik,” tutur Budi.

Lebih lanjut, pihaknya mendorong penggunaan angkutan umum berbasis energi listrik di Tanah Air. Upaya itu dengan memberikan sejumlah insentif dan kebijakan pendukung.(OL-11)

Baca Juga

Dok.MI

Indef: Serapan Tenaga Kerja PKT PUPR Harus Lebih Maksimal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 17 April 2021, 03:05 WIB
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa angka yang dirumahkan, bukan angkatan kerja, pengurangan jam kerja, dan...
MI/Andri Widiyanto

Mendag Sebut Kinerja Ekspor Maret 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 16 April 2021, 22:07 WIB
Pernyataannya itu menyusul laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Kamis (15/4) yang menyatakan total nilai ekspor Indonesia pada Maret 2021...
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Pengamat: Prakerja Harus Lanjut, Jangan Dianggap BansosĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 21:50 WIB
Program Kartu Prakerja bisa membantu pemerintah untuk memperbaiki keterampilan angkatan kerja dari sisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya