Sabtu 28 November 2020, 20:47 WIB

Keran Ekspor Benur Berpeluang Dibuka Kembali

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Keran Ekspor Benur Berpeluang Dibuka Kembali

ANTARA
Benih lobster

 

IZIN ekspor benur atau benih lobster berpeluang diizinkan kembali. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ad Interim sekaligus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengevaluasi kebijakan tersebut.

Seperti diketahui, kebijakan ekspor benur telah menyeret Edhy Prabowo dalam pusaran dugaan kasus korupsi. Edhy telah resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri KKP, pascapenahanan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kebijakan mengenai lobster ini masih dievaluasi. Kemarin pesan Pak Menko (Luhut) kalau memang bagus tetap saja jalan," ujar Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi, Sabtu (28/11).

Jodi menuturkan, Luhut berpesan yang terpenting adalah semua tahapan dan prosedur dalam ekspor benur dipatuhi secara aturan atau dengan kata lain tidak diselewengkan kebijakan tersebut.

"Selama eksekusinya tidak ada permainan korupsi atau kolusi ya (ekspor benur tidak bermasalah). Kita tunggu saja hasil evaluasi," ujar Jodi.

Terkait dengan lobster, sementara ini telah diterbitkan Surat Edaran Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Nomor B.22891/DJPT/Pl.130/XI/2020 tangggal 26 November 2020 tentang Penghentian Sementara Penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) kepada para Kepala Dinas KP provinsi/kabupaten/kota, Ketua Kelompok Usaha Bersama Penangkap BBL (Benih Bening Lobster), dan para eksportir BBL.

Sebelumnya, Luhut menegaskan, eskpor benur tidak bermasalah alias sesuai aturan Peraturan Menteri KP Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

"Kalau dari Permen yang dibuat tidak ada yang salah. Sudah kita cek tadi. Semua itu dinikmati (hasilnya) oleh rakyat mengenai program ini. Tidak ada yang salah," kata Luhut di Jakarta, Jumat (27/11)

Di satu sisi, Luhut menyatakan memang ada mekanisme ekspor yang dinilai keliru, yakni dalam hal pengangkutan BBL dari Indonesia ke negara tujuan ekspor. Tim KKP, katanya, sedang melakukan evaluasi sembari menghentikan sementara ekspor benih lobster. (R-1)

Baca Juga

Ist/Sariraya

Kerja Sama RI-Jepang, Peluang UMKM Kembangkan Bisnis ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:34 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pelaku UMKM agar memanfaatkan peluang dari perjanjian perdagangan dan...
DOK BRI

Rangkul Fans MLBB, BRI Rilis BRIZZI Edisi Spesial Mobile Legend

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 18:38 WIB
Saat ini BRIZZI telah menjadi salah satu alat pembayaran atau e-wallet bagi banyak...
Antara

Februari, Daging Sapi Impor Masuk Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:04 WIB
Kementan menyebutkan impor daging sapi bakalan akan datang pada Februari 2021. Upaya impor tersebut untuk menjaga stabilitas harga dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya