Selasa 24 November 2020, 15:27 WIB

10 Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan Setelah Pandemi

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
10 Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan Setelah Pandemi

MI/RAMDANI
Para pekerja tetap beraktifitas saat pandemi covid-19

 

KEPALA Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kemnaker, Bambang Satrio Lelono mengungkapkan terdapat 10 jenis pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan setelah pandemi.

"Dari hasil survei yang dilakukan Kemnaker terdapat 10 pekerjaan yang paling dibutuhkan. Hal ini berdasarkan kebiasaan baru denga npemanfaatan teknologi yang semakin luas sehingga cara kerja harus berubah," saat launching hasil Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perluasan Kesempatan Kerja dan Implikasinya yang diadakan Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (24/11).

Adapun 10 pekerjaan tersebut ialah profesional penjualan, pemasaran dan humas sebanyak 18,7% perusahaan membutuhkan pekerjaan tersebut. Selanjutnya ialah pekerja penjualan sebesar 13,5%; teknisi operasi TIK dan pendukung pengguna 4,4%; pengemudi mobil, van, dan sepeda motor serta tenaga perkantoran umum masing-masing 3,8%; operator mesin stasioner 3,2%; buruh pertambangan dan konstruksi 3,1%.

Selanjutnya, pekerja instalasi dan reparasi peralatan listrik 2,8%; profesional administrasi 2,4%; dan pekerja kasar lainnya 2,3%.

Baca juga: Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

Bambang mengungkapkan setelah pandemi banyak perusahaan membutuhkan keterampilan teknologi untuk menunjang pekerjaan. Selai itu keterampilan fisik dan manual, keterampilan sosial dan emosional juga menjadi penting.

"Keterampilan lainnya yakni keterampilan kognitif lanjutan dan keterampilan kognitif dasar," ujar Bambang.

Secara umum pelatihan dan pendidikan berbasis teknologi merupakan keterampilan yang diingkan banyak perusahaan pada masa pandemi covid.

"Tentunya ini tidak terlepas dari pola kerja baru dengan membawa teknologi informasi. Pelatihan yang berkaitan dengan teknologi ialah digital marketing, pembuatan konten promosi di media sosial dan lainnya," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok. PGN

Wujudkan Kemandirian Energi, PGN Tingkatkan Pelanggan Rumah Tangga

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:30 WIB
Salah satu strategi yang dijalankan ialah dengan menyentuh masyarakat secara langsung melalui program pemenuhan layanan gas bumi...
Antara/Nova Wahyudi

PGN Terus Sempurnakan Infrastruktur Gas Bumi Nasional

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:24 WIB
Yang pertama adalah proyek pipaninasi gas bumi. Program tersebut akan menjadi kunci dalam optimalisasi utilisasi gas bumi...
Antara/Rivan Awal Lingga

Jokowi: Pengawasan OJK Jangan Masuk Angin, Harus Bertaring

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:38 WIB
"Transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas. Pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya