Jumat 06 November 2020, 14:01 WIB

Menaker Godok RPP Cipta Kerja bersama Buruh dan Pengusaha

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Menaker Godok RPP Cipta Kerja bersama Buruh dan Pengusaha

ANTARA/Yusuf Nugroho
.

 

PEMERINTAH sedang menyiapkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) sebagai turunan dari UU Cipta Kerja bidang ketenagakerjaan. Pekan lalu, pemerintah mulai menyertakan serikat pekerja, serikat buruh, Apindo, dan Kadin untuk sama-sama membahas RPP tersebut.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan hal itu di sela-sela kunjungan kerja di Jawa Timur, Jumat (6/11). Dia mengatakan ada empat RPP yang sedang disiapkan tripartit nasional, yaitu pengupahan, tenaga kerja asing, penyelenggaraan ketenagakerjaan, dan jaminan kehilangan pekerjaan.

"Sekarang sedang dalam proses penyusunan RPP," kata Ida. UU Cipta Kerja memberi waktu tiga bulan untuk kehadiran turunan peraturan yang bisa diimplementasikan. "Kami berusaha memaksimalkan forum dialog tersebut agar selesai sebelum dateline UU tersebut," kata Ida.

Menanggapi maraknya demonstrasi yang masih ramai menyuarakan protes akan UU Cipta Kerja, Ida mengaku dapat memahami itu. Dalam pandangannya unjuk rasa merupakan hak dari masyarakat, termasuk para pekerja dan mahasiswa.

Dia berharap aksi demo dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak anarkis. "Kalau konteksnya ketenagakerjaan, saya mengajak untuk melihat lagi dengan baik isi UU Cipta Kerja. Sesungguhnya kami berusaha semaksimal mungkin mengakomodasi aspirasi dari serikat kerja, serikat buruh, dan pengusaha," kata Ida.

Alasannya, sebelum proses sampai DPR, isi dari UU Cipta Kerja sudah dibahas bersama forum tripartit nasional. Saat ini pemerintah juga tetap mengundang stakeholders untuk bersama merumuskan rancangan peraturan pemerintah yang menjadi perintah UU Cipta Kerja. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ant

Minyak Kembali Menguat Setelah Merugi Dua Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:05 WIB
HARGA minyak rebound dari kerugian dua hari dalam sesi yang bergejolak pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Incar Investor, PLN Siap Listriki 1.000 MW di Kawasan Industri Mongondow

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 08:55 WIB
PT PLN (Persero) siap memenuhi kebutuhan listrik di Kawasan Industri Mongondow (Kimong), Sulawesi Utara, guna menarik investor menanamkan...
Antara

Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Presiden: Kita Tetap Awasi secara Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:12 WIB
Keputusan tersebut diambil setelah melihat adanya pasokan di dalam negeri yang terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya