Jumat 30 Oktober 2020, 05:30 WIB

Kemitraan PTPN V Dongkrak Hasil Sawit

(RO/E-2) | Ekonomi
Kemitraan PTPN V Dongkrak Hasil Sawit

Rudi Kurniawansyah
Panen Perdana Kebun Peremajaan Sawit Rakyat di Riau

 

ASOSIASI Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (Aspekpir) mendukung pola kemitraan dengan sistem manajemen tunggal yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V terhadap para petani plasma.

Dalam keterangannya, kemarin, Ketua Umum Aspekpir Setiyono mencontohkan keberhasilan kemitraan itu di lahan seluas 720 hektare (ha) perkebunan sawit rakyat, Kabupaten Siak, Riau. Kemitraan antara petani plasma dan PTPN V berhasil mendongkrak produktivitas TBS petani plasma hingga di atas rata-rata produktivitas nasional.

"Saat ini rata-rata produksi TBS (tandan buah segar) di kebun sawit petani plasma mitra PTPN V telah mencapai 23-24 ton per ha per tahun. Jumlah itu jauh di atas standar Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) sebesar 19 ton TBS per ha per tahun," papar Setiyono.

Ia menambahkan, kunci keberhasilan PTPN V dalam meningkatkan produksi TBS di kebun sawit petani plasma ialah adanya transparansi dan komitmen perusahaan dalam mengelola kebun sawit, termasuk manfaat nyata yang diterima petani plasma.

"Kemitraan antara petani dan perusahaan dibangun dengan pola transparansi di semua hal. Mulai penyusunan anggaran pembangunan kebun hingga transparansi biaya yang ditawarkan ke petani. Bahkan, biaya pengelolaan kebun sawit PTPN V berada di bawah standar pemerintah," ucapnya.

Menanggapi itu, CEO PTPN V Jatmiko K Santosa menyampaikan, sistem kemitraan dengan manajemen tunggal yang selama ini dijalankan terbukti memberikan hasil nyata kepada petani. Ia berharap skema yang sama dapat pula dijalankan dengan petani plasma lainnya di Riau. "Melalui sistem manajemen tunggal, kami yang menanam, kami yang mengelola, dan kami yang mengolah hasilnya. Petani juga kita berdayakan selama peremajaan sawit berlangsung. Kemudian, setiap hasil transaksi sawit yang tercatat di rekening, petani juga mengetahuinya," ucap Jatmiko.

PTPN V berkomitmen mengakselerasi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) agar dapat mencapai target perusahaan seluas 18 ribu ha hingga 2023. Khusus tahun ini, PTPN V menargetkan program PSR di lahan seluas 5.400 ha di Riau. (RO/E-2)

Baca Juga

ANTARA/Prasetia Fauzani

Istana akan Cari Solusi Harga Daging Sapi Tinggi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:05 WIB
Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi untuk daging sapi pada Rp120 ribu per...
Antara/Wahdi Septiawan

Setiap Tahun, Produksi Sawit RI Bisa Capai 37,5 Juta Ton

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:48 WIB
Industri sawit juga berkontribusi terhadap kinerja ekspor nonmigas nasional, yakni 14,9% per tahun. Sektor tersebut melibatkan 4,2 juta...
Dok. Ist

Perbaikan Plant Perta Arun Selesai, Pasokan Gas Kembali Normal

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:21 WIB
Suplai gas ke pembangkit PLN Belawan dan PLN PLTMG Arun kini sudah seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya