Sabtu 24 Oktober 2020, 19:10 WIB

Delapan Strategi Kemendag Tingkatkan Ekspor Produk Halal

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Delapan Strategi Kemendag Tingkatkan Ekspor Produk Halal

ANTARA/Reno Esnir
.

 

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) memiliki delapan strategi untuk meningkatkan ekspor produk halal. Strategi tersebut menggabungkan berbagai instrumen.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan strategi pertama yakni memanfaatkan instrumen kebijakan relaksasi ekspor dan impor untuk produk halal tujuan ekspor. "Kedua, menguatkan akses pasar produk halal di luar negeri dengan memanfaatkan sarana ataupun komunikasi perdanganan," kata Agus saat webinar yang bertajuk Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia yang diadakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Sabtu (24/10).

Ketiga, lanjut Agus, memiliki berbagai program untuk penguatan pelaku ekspor produk halal seperti melakukan sertifikasi halal kepada pelaku UKM yang merupakan kerja sama dengan lintas instansi. Keempat, optimalisasi sistem resi gudang untuk komoditas ekspor.

Kelima, meningkatkan ekspor di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Keenam, penguatan UKM pada orientasi ekspor. "Ketujuh, optimalisasi e-commerce dan terakhir peningkatan daya saing produk," ujarnya.

Neraca perdagangan Indonesia ke negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) surplus sebesar US$2,2 miliar. Nilai ekspornya mencapai US$10,94 miliar dan impor sebesar US$8,77 miliar.

Agus mengatakan meski neraca perdagangan Indonesia di negara OKI positif tetapi masih belum berperan secara maksimal sebagai negara kiblat produk halal dunia, khususnya pada produk makanan, kosmetik, dan obat-obatan. "Pangsa pasar ketiga produk tersebut masih jauh di bawah negara-negara nonmuslim, seperti Brasil, Prancis, Amerika Serikat, dan Jerman," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK Seraya Perkasa Mututama

Seraya Gears Pabrik Roda Gigi Pertama di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:16 WIB
Pabrik roda gigi yang terletak di Cikarang Pusat, Indonesia, itu memiliki mesin dengan kapasitas sampai dengan diameter 5,5 meter,...
MI.Ramdani

INA dan UU Cipta Kerja Menjadi Penggerak Investasi 2021  

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:26 WIB
" Dua komponen ini jadi penggerak investasi yang menurut saya cukup menarik di 2021 dan selanjutnya," kata Ketua Umum Asosiasi...
Antara

Anggaran Kemeparekraf Dipotong Rp342 Miliar untuk Vaksinasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:25 WIB
"Program pendidikan dan pelatihan avokasi tidak terkena lakukan penghematan tetap menjadi Rp994 miliar," kata Mantan Wakil...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya