Kamis 27 Agustus 2020, 21:06 WIB

Intip Alasan Daging Sapi Australia Digemari di Indonesia

Antara | Ekonomi
Intip Alasan Daging Sapi Australia Digemari di Indonesia

Dokumentasi Media Indonesia
Oishii steak dan 3 bumbu khas J.Steak.

 

Daging sapi asal Australia adalah salah satu pilihan yang tak asing di berbagai restoran Tanah Air. Apa yang membuat daging sapi dari benua tetangga ini dianggap berkualitas?

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/269190-desisan-yang-menggoda

Meat and Livestock Australia (MLA), organisasi yang mendukung peternakan dan industri daging sapi melalui berbagai inisiatif, memperkenalkan keunggulan dan manfaat daging sapi Australia lewat kampanye #BeefUp yang berlangsung hingga Juni 2021.

David Carew, Supply Chain Technical Specialist Meat & Livestock Australia memaparkan tiga hal yang membuat daging merah asal Australia berkualitas dan lezat.

“Sistem keamanan pangan, jaminan kualitas, dan keterlacakan dari peternakan ke piring yang komprehensif merupakan integritas industri daging merah Australia," kata David dalam konferensi pers daring, Kamis (27/8).

Ternak dibesarkan di padang rumput alami karena Australia punya lahan luas. Sapi-sapi bisa hidup dalam lingkungan alami dan bergerak bebas sepanjang tahun. Dia mengatakan, kondisi Australia sebagai negara pulau secara otomatis membuat sapi-sapi terlindungi secara alami dari penyakit.

Australia juga menerapkan standard keamanan pangan dan kendali mutu tinggi. Setiap sapi dalam sistem memiliki identifikasi nasional (NLIS) sehingga setiap ekor ternak bisa dilacak keberadaannya.

Selain itu, ada sistem jaminan produksi ternak yang menyatakan peternakan telah diaudit untuk memastikan daging merah berkualitas tinggi yang aman.

Semua daging sapi Australia yang masuk ke Indonesia sudah memiliki sertifikasi halal yang disetujui Majelis Ulama Indonesia.

Tak hanya itu, Australia memproduksi keragaman daging sapi yang sehat dan lezat. Selain padang rumput untuk para sapi, ada metode pakan campuran biji-bijian nutrisi tinggi yang meningkatkan lemak putih (marbling) serta warna daging. Australia merupakan produsen wagyu terbesar kedua di luar Jepang.

Kampanye #BeefUp ini meliputi demonstrasi masak secara daring agar orang-orang bisa belajar cara baru mengolah daging sapi, hidangan kreasi daging sapi ala chef di sejumlah restoran Jakarta, akses khusus kelas memasak dengan chef ternama seperti Vindex Tengker dan Chandra Yudasswara juga informasi seputar daging sapi di akun Instagram @TrueAussieID. (OL-12)

 

Baca Juga

Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Dukung SWF Indonesia, Jepang Siap Investasi Rp57 Triliun

👤(Des/Aiw/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:25 WIB
JEPANG melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) siap mendukung Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia dengan menginvestasikan...
Istimewa

Penerapan Industri Hijau dan Circular Economy Naikkan Daya Saing

👤Haryanto 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:35 WIB
PENINGKATAN produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi...
Dok.BCA

BCA Raih 33 Award di Contact Center World - Asia Pasifik 2020

👤Heryadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:22 WIB
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuktikan layanan yang prima dengan membawa pulang 33 penghargaan dalam beberapa kategori ajang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya