Rabu 26 Agustus 2020, 19:09 WIB

Ada Pandemi, Pembelian Rumah Bersubsidi Tetap Tinggi

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Ada Pandemi, Pembelian Rumah Bersubsidi Tetap Tinggi

Antara/Irwansyah Putra
Warga melintasi komplek KPR bersubsidi di Kecamatan Baitussalam, Aceh.

 

PEMBELIAN unit melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau rumah bersubsidi mengalami peningkatan di tengah pandemi covid-19.

Itu terlihat dari data Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PPDPP PRUPR). Sejak Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) diluncurkan 19 Desember 2019, perkembangannya sudah sampai 85 ribu unit rumah.

Baca juga: Realisasi Program Sejuta Rumah Lambat, Tapera Jadi Solusi

"Sampai hari ini saja 85% terserap. Hampir 85 ribu unit yang terjual dari 102.500 unit rumah," jelas Direktur Utama PPDPP PUPR, Arief Sabaruddin, dalam seminar virtual, Rabu (26/8).

Meski ada kebijakan bekerja dari rumah (WFH), pelayanan dari SiKasep tetap terjamin. Bahkan terjadi puncak pembelian rumah subsidi oleh masyarakat sebanyak 4 ribu unit dalam 24 jam.

"Pernah beberapa hari mencapai angka 4 ribu unit per hari. Padahal setiap staf tidak langsung berinteraksi dengan pengembang," tutur Arief.

Baca juga: Setiap Pekan, Pemerintah Transfer BLT ke 2,5 Juta Pekerja

Selain itu, kemudahan Sikasep yang bisa diakses melalui telepon pintar, mempercepat akses masyarakat untuk mendapatkan rumah bersubsidi. Apalagi pilihan lokasinya tersebar di berbagai daerah.

"Orang Aceh bisa cari rumah di Papua. Orang Mianggas bisa cari rumah di Rote. Ini rumah subsidi pemerintah dengan uang muka 1%, bunga hanya 5%. Bahkan tenornya bisa 20 tahun untuk FLPP," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Kementan

Mentan SYL Dorong Petani Beradaptasi dengan Tantangan Alam

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:21 WIB
Menurutnya, TOT mengenai praktik pertanian ramah lingkungan seharusnya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa diimplementasikan di...
Dok. BNI

HUT Ke-76, BNI Gelar Akad 5.476 Debitur FLPP

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:51 WIB
Pelaksanaan akad massal dimulai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pengembang rumah subsidi dan...
Ist

Pekerja Bukan Penerima Upah Diharap Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:35 WIB
Mulai dari sopir angkutan, pemilik warung, petani, dan pelaku UMKM bisa mengikuti program Bukan Penerima Upah (BPU) diharapkan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya