Kamis 13 Agustus 2020, 22:45 WIB

Generasi Muda jadi Tulang Punggung Ekonomi Pascapandemi

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Generasi Muda jadi Tulang Punggung Ekonomi Pascapandemi

Dok. Pribadi
Sandiaga Uno dengan Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad saat momen kerja sama KAHMIPrenuer dengan Bursda Efek Indonesia

 

GENERASI muda atau milenial harus bisa memanfaatkan peluang usaha di tengah pandemi covid-19. Ada banyak usaha yang bisa dikerjakan saat sekarang ini sejalan dengan aturan Pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, dalam kondisi wabah, kebutuhan ekonomi masyarakat akan berbasis kesehatan dan keselamatan serta kebutuhan olahraga dan juga makanan siap saji

“Millenial ini menjadi tulang punggung ekonomi kita. Ini, kan, generasi-generasi yang dahsyat karena sebelum pandemi ini mereka sudah digital needed dan milenial ini menjadi lini terakhir kita untuk di pandemi ini. Milenial juga ini menjadi tulang punggung di fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan,” ujarnya dalam webinar Indonesia Young Entrepreneur Summit bersama STIE Widy Gama Lumajang, Jawa Timur.

Oleh karena itu, investasi yang dilakukan baik oleh Pemerintah maupun institusi serta perusahaan swasta terhadap generasi muda, melalui sejumlah kegiatan pendidikan, pelatihan, ataupun kompetisi yang dihadirkan, akan berkontribusi penting terhadap masa depan Indonesia.

Sandiaga menegaskan, sudah waktunya mendorong generasi muda menjadi lokomotif yang turut berkontribusi dalam membangun perekonomian Indonesia. 

Sandiaga pun mengajak anak muda menjadi pengusaha dengan kreativitas dan inovasi yang diciptakan sendiri. Menurutnya, di saat ini tidak sedikit wirausahawan muda yang lahir.

Baca juga : Pemerintah Didesak Libatkan UMKM dalam Penyediaan Bansos

“Saya melihat banyak potensi anak muda dalam pembangunan ekonomi di Indonesia,” katanya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi menuturkan, saat pandemi ini yang berkembang adalah investor retail.

“Justru Pertumbuhan yang berkembang saat ini adalah investror retail,” katanya. Namun, perkembangan ekonomi juga tergantung dari kondisi perekonomian serta politik global.

Anggota komisi XI DPR RI Kamrussamad mengatakan, sektor yang masih bisa terus berkembang adalah sektor argo preneur.

“Ada empat jurus, membuka sector produktif, pertanian yang berbasis argopreneur dan argo industry, percepat restrukturisasi, dan trnsformasi digital,” kata pendiri KAHMIPreneur itu.

Dia menambahkan, KAHMIPreneur akan terus mengajak generasi muda untuk belajar berinvestasi saham dan investasi lainnya dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital sesuai dengan komitmen perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui dunia digital.

"Apalagi saat ini dukungan teknologi sangat luar biasa,” tukasnya.(RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Adwit B Pramono

Pembangunan Tol Manado-Bitung Seksi II Telan Anggaran Rp500 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 02:00 WIB
"Progres fisiknya khusus seksi II telah mencapai 83 persen," sebut...
Johannes EISELE / AFP

Wall Street Dibuka Lebih Tinggi pada Perdagangan Selasa Pagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:53 WIB
Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa (19/1) pagi waktu...
MI/Panca Syurkani

Citilink Layani Penerbangan Padang-Medan Empat Kali dalam Sepekan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:30 WIB
Setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya