Selasa 23 Juni 2020, 23:07 WIB

Kesehatan dan Ekonomi Dijalankan Beriringan saat Tangani Pandemi

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Kesehatan dan Ekonomi Dijalankan Beriringan saat Tangani Pandemi

Antara/Sigid Kurniawan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menjalani tes cepat Covid-19

 

KEPALA Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko membantah anggapan yang menyebutkan bahwa pemerintah lebih mementingkan sektor ekonomi ketimbang kesehatan pada masa pandemi covid-19.

Pada periode sekarang, ia mengugkapkan ada empat sektor yang secara merata menjadi perhatian utama pemerintah, yaitu kesehatan, ekonomi, sosial, dan keuangan.

"Kesehatan memang menjadi prioritas utama. Tetapi tiga sektor lain ini tidak bisa ditinggalkan. Semua harus berjalan beriringan. Jadi, tidak benar bahwa pemerintah menjalankan aspek ekonomi saja," ujar Moeldoko dalam seminar daring, Selasa (23/6).

Pemerintah, lanjut dia, sudah menggelontorkan Rp695,2 triliun untuk menangani empat sektor tersebut.

Baca juga : Gojek PHK Sembilan Persen Karyawan

Dari sisi kesehatan, pemerintah berupaya menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung percepatan penanganan covid-19.

Kemudian di sektor sosial, pemerintah menyakurkan bantuan sosial kepada masyarakat golongan miskin yang kian kesulitan karena pandemi.

Di sisi ekonomi dan keuangan, pemerintah secara perlahan berupaya membuka kembali berbagai aktivitas yang hampir tiga bulan dihentikan.

"Persoalan bansos harus ditangani dengan baik sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat. Ekonomi juga harus ditangani dengan sungguh-sungguh agar dunia usaha tetap berjalan dengan baik, juga demikian sektor keuangan," ucap Moeldoko. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Oky Lukmansyah

Industri Makanan Minuman Tumbuh Positif saat Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 20:44 WIB
Data tersebut diketahui berasal laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang memperlihatkan jumlah ouput industri makanan dan minuman dari...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Sriwijaya Air Tambah Kompensasi Ahli Waris Korban Jadi Rp1,5 M

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 20:35 WIB
Kewajiban untuk membayar ganti rugi kepada perwakilan atau ahli waris korban tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun...
Dok MI

Sandiaga: OJK Sepakati Kredit Pemulihan Parekraf Rp3 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 20:05 WIB
Mereka yang tercatat sebagai penerima kredit, lanjut Sandiaga, akan mendapatkan bantuan dengan jumlah minimal sebesar Rp50 juta per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya