Senin 17 Februari 2020, 20:08 WIB

Insentif Rute Wisata Berlaku Untuk Seluruh Maskapai

Andhika prasetyo | Ekonomi
 Insentif Rute Wisata Berlaku Untuk Seluruh Maskapai

MI/Ramdani
Wisatawan menikmati keindahan pantai di kawasan Kuta, Bali. Namun, wabah virus korona memengaruhi sektor pariwisata.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengungkapkan insentif tiket penerbangan wisata menyasar beberapa rute, seperti Denpasar, Kupang, Batam, Bintan, Manado, Yogyakarta dan Lombok.

Diskon akan berlaku untuk seluruh maskapai penerbangan yang mengambil rute tersebut. Selain tarif penerbangan, pemerintah juga akan memangkas biaya penginapan. Berikut, memberikan insentif kepada maskapai untuk menurunkan biaya pendaratan dan bahan bakar. Dengan begitu, maskapai diharapkan dapat menekan harga tiket pesawat.

"Jadi diskonnya macam-macam, tidak separuh-paruh, dari semua aspek dijadikan satu," ujar Wishnutama di Kantor Presiden, Senin (17/2).

Dia mengklaim sejumlah maskapai tidak keberatan dengan rencana tersebut. "Kemarin saya dan Pak Menteri Perhubungan sudah kumpulkan 33 airlines membahas potensi apa saja yang bisa dilakukan. Kita minta mereka tambah frekuensi penerbangan atau membuka destinasi baru ke daerah-daerah yang ditentukan," tuturnya.

Baca juga: Tangkal imbas Corona, Pemerintah Dorong Diskon Tiket Pesawat

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyebut pemerintah dapat mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), untuk pemberian insentif berupa pemotongan tarif penerbangan wisata 30%.

Terkait besaran APBN yang digunakan, dia mengatakan pemerintah masih menghitung estimasi jumlah traffic penerbangan, penumpang dan diskon yang diberikan.

"Kapan berlaku dan berapa lama berlaku juga akan kita tetapkan. Ada hitungan antara low season sampai peak season, berapa lama dukungan dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi pariwisata," jelas Ani, sapaan akrabnya.

Pemerintah juga akan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Pertamina (Persero), untuk memberikan insentif dalam bentuk pelayanan ekstra atas tarif yang dipungut dalam kegiatan penerbangan.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist/Kementan

HUT ke-77 RI, Mentan SYL Sampaikan Terima Kasih kepada Para Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Menurut SYL, kerja keras mereka terbukti jadi pemicu utama tingginya produktivitas sehingga Indonesia mampu mencapai swasembada di tiga...
Ist/PT KAI

KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat dengan Semangat Melayani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:32 WIB
Kereta api sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perkembangan bangsa bahkan sejak sebelum masa...
dok.ist

Pangdam XIV: TNI Jamin Stabilitas Keamanan Obvitnas dan PSN Smelter Nikel CNI Group

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:25 WIB
SETIAP ada Obvitnas dan PSN, secara tidak langsung itu merupakan tugas TNI untuk menjamin stabilitas keamanannya, demi kemaslahatan orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya