Selasa 27 Agustus 2019, 19:36 WIB

Kadin Dorong Pemakaian Kendaraan Listrik di Ibu Kota Baru

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Kadin Dorong Pemakaian Kendaraan Listrik di Ibu Kota Baru

AFP/Tobias Schwarz
Mobil listrik BMW i3S yang kini sudah dipasarkan di Indonesia

 

KAMAR Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyarankan pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan mobil listrik di lokasi ibu kota baru.

Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, ibu kota baru bisa menjadi momentum penggunaan mobil listrik yang nantinya bisa diikuti daerah lain di Indonesia.

"Ini harus dimulai dari diri sendiri. Kementerian mobil barunya hybrid, sudah bagus. Kenapa nggak mulai dari kendaraan-kendaraan umum dielektrifikasi, kebetulan kita juga ingin pindahkan ibu kota akan lebih indah lagi kalau semua berbasis elektrik," ujar Rosan dalam acara forum diskusi di Menara Kadin, Selasa (27/8).

Baca juga : Pemindahan Ibu Kota kerek Saham Sekor Industri Dasar dan Properti

Rosan menilai, pemerintah masih memiliki cukup waktu untuk menyiapkan dan membangun infrastruktur pendukung seperti charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Kalau saya menyarankan, kan waktunya masih ada empat tahun lagi, 2025, kita siapkan kendaraan itu, electric car, electric motor atau paling nggak hybrid. Jadi dari sekarang infrastrukturnya sudah dibangun juga seperti charging port atau charging station," jelasnya.

Dia pun memandang, apabila pemerintah berhasil mewujudkan penggunaan kendaraan berbasis listrik di ibu kota baru, maka kota tersebut akan menjadi smart city dan menjadi terobosan baru.

"Saya rasa akan jadi satu-satunya ibu kota yang harus berkendaraan hybrid atau electric vehicle. Saya rasa kalau kita buat terobosan itu, seluruh dunia akan memuji," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Harga Minyak Mentah Indonesia Terjun Bebas Jadi US$86 Per Barel

👤┬áInsi Nantika Jelita 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 14:21 WIB
Harga rata-rata minyak mentah Indonesia untuk September 2022 ditetapkan sebesar US$86,07 per...
ANTARA/Raisan Al Farisi

PUPR Resmi Operasionalkan Flyover Kopo

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 14:08 WIB
PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga resmi mengoperasionalkan Flyover Kopo sepanjang 1,3 kilometer (km), Bandung, Jawa...
ANTARA

Kemenperin: Potensi Komoditas Perkebunan Masih Tinggi

👤Ficky Ramadhan 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:52 WIB
Pada triwulan II tahun 2022, industri agro mampu memberikan kontribusi sebesar 50,41% terhadap sektor industri pengolahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya