Jumat 15 Januari 2016, 10:11 WIB

IHSG Dibuka Menguat 5,80 Poin

Basuki Eka Purnama | Ekonomi
IHSG Dibuka Menguat 5,80 Poin

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

 

INDEKS harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (15/1), dibuka menguat sebesar 5,80 poin seiring dengan laju bursa saham di kawasan Asia yang berada di area positif.

IHSG BEI dibuka menguat sebesar 5,80 poin atau 0,13 persen ke posisi 4.518,98. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 1,79 poin (0,22 persen) menjadi 788,21.

"IHSG bergerak menguat seiring dengan positifnya laju bursa saham di kawasan eksternal. Masih terjaganya stabilitas makroekonomi juga menjadi salah satu penopang bagi indeks BEI," kata Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere.

Ia menambahkan keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14 Januari 2016 yang menurunkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin ke level 7,25 persen menjadi sentimen positif bagi pasar saham Indonesia.

"Bank Indonesia memandang bahwa ruang bagi pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka dengan terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya inflasi akhir tahun 2015 di kisaran rendah dan defisit transaksi berjalan yang akan berada pada kisaran 2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB)," paparnya.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menambahkan aksi teror bom di Jakarta kemarin (14/1) diperkirakan tidak terlalu dikhawatirkan lebih lanjut oleh investor di pasar modal. Kebijakan dari Bank Indonesia cukup mampu mengimbangi sentimen negatif itu.

"Sebagian pelaku pasar kembali melakukan aksi beli seraya menanti data neraca perdagangan Indonesia yang sedianya akan dirilis pada akhir pekan ini," ucapnya.

Ia mengharapkan data neraca perdagangan Indonesia yang akan dirilis dapat diapresiasi oleh investor sehingga menopang laju indeks BEI ke depannya.

Namun, pelaku pasar diharapkan tetap berhati-hati mencermati sentimen bila data neraca perdagangan belum sesuai harapan. (Ant/OL-3)

Baca Juga

dok.ist

Wege Bangun PIDI 4.0, Jendela Digitalisasi Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 08:31 WIB
KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan  Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI...
DOK Pribadi.

BPOM Diminta Buat Kajian Dampak Regulasi Label AMDK

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 08:20 WIB
Menurutnya, jika mau melakukan pelabelan, BPOM harus melakukannya untuk semua produk...
Antara/Dhemas Reviyanto

Menteri BUMN : Mitratel Terus Lakukan Perbaikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 07:46 WIB
Mitratel melakukan IPO tidak saja ingin memperkuat keuangan, tapi juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya