Rabu 10 Juli 2019, 23:06 WIB

Pemerintah Terus Evaluasi Kebijakan Penurunan Tarif Tiket Pesawat

Nur Aivanni | Ekonomi
Pemerintah Terus Evaluasi Kebijakan Penurunan Tarif Tiket Pesawat

Antara/Zabur Karuru
Sesmenko Perekonomian Susiwijono

 

SEKRETARIS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono memastikan bahwa pemerintah terus memonitor dan mengevaluasi implementasi penurunan tarif tiket pesawat untuk maskapai berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) domestik.

"Untuk kebijakan ini kami sudah putuskan, satu, evaluasi kebijakannya akan kami lakukan sebulan. Tapi evaluasi teknisnya kami sepakat seminggu sekali setiap hari Jumat siang," katanya dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7).

Evaluasi tersebut dilakukan untuk melihat perkembangan teknis dalam pelaksanaan penurunan tarif tiket pesawat LCC domestik. Adapun sejumlah hal yang akan dievaluasi, antara lain realisasi dari tiket pesawat murah untuk jadwal penerbangan tertentu, distribusi penjualan tiket, dan evaluasi terkait total beban kerugian (total loss) serta pembagian beban kerugian (loss sharing).

Baca juga: BPS: Tiket Pesawat Murah Bisa Tekan Inflasi

Sebagai informasi, tiket pesawat murah untuk maskapai berbiaya rendah akan mulai berlaku besok (11/7). Penerbangan murah bisa didapatkan oleh masyarakat untuk jadwal penerbangan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 sampai 14.00 waktu bandara setempat.

Pemerintah telah memutuskan untuk menurunkan tarif tiket pesawat LCC domestik tersebut sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA) LCC untuk alokasi seat sejumlah 30% dari total kapasitas pesawat.

Untuk maskapai Citilink per hari akan menyiapkan penerbangan murah sebanyak 62 flight per hari dengan total seat sekitar 3.348. Sementara Lion Air Group akan menyiapkan penerbangan murah sebanyak 146 flight per hari dengan total seat sekitar 8.278. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Presiden: Kita Tetap Awasi secara Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:12 WIB
Keputusan tersebut diambil setelah melihat adanya pasokan di dalam negeri yang terus...
Antara/Bayu Pratama S

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Kebijakan Perombakan Persawitan Mendesak Direalisasikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:54 WIB
"Kami apresiasi, walau harga tandan buah segar (TBS) sawit para petani SPI di berbagai daerah sudah sempat sangat jatuh, belum lagi...
Dok. Pribadi

Inovasi Desain Interior Beri Kesan Mendalam Pada Suatu Bangunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:40 WIB
Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit harus memperhatikan kepentingan nyawa seseorang, tidak bisa dibuat sembarangan terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya