Selasa 19 Februari 2019, 12:25 WIB

Nilai Perdagangan Indonesia-Korea Dipatok US$30 Miliar

Cahya Mulyana | Ekonomi
Nilai Perdagangan Indonesia-Korea Dipatok US$30 Miliar

ANTARA FOTO/Zabur Karuru

 

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita menjelaskan perhubungan dagang antara Korea dengan Indonesia akan diperluas melalui perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif Indonesia-Korea (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/ IK-Cepa). 

Hal ini supaya target nilai perdagangan kedua negara bisa tercapai US$30 miliar dalam 3 tahun ke depa,n serta banyak investasi dari Korea mengalir ke dalam negeri.

"Melalui Cepa kita dorong investasi Korea di Indonesia, kemudian kita akan bicara juga global supply chain, atau kita memberikan kesempatan dan kemudahan. Investasi otomotif misalnya, mereka kita dorong untuk investasi, elektronik juga," terangnya pada Indonesia-Korea business forum di Jakarta, Selasa (19/2).

Pada kesempatan tersebut ditandatangani perjanjian dagang untuk merealisasikan IK-Cepa oleh kedua perwakilan negara. 

Menurut Enggar perjanjian dagang antara Indonesia dengan Korea telah ditandatangani yang menjadi landasan hukum untuk merealisasikan IK-Cepa.

 

Baca juga: Neraca Perdagangan Indonesia Defisit US$1,16 Miliar

 

Ia mengatakan bussiness forum digelar untuk mengatasi berbagai hal yang bisa ditemukan mengganggu  perdagangan dan investasi. 

"Nah dengan demikian maka target yang di canangkan oleh dua kepala negara, Indonesia dan Korea, sebesar US$30 miliar dalam 3 tahun ke depan itu bisa dicapai," katanya.

Enggar meyakini bahwa target nilai perdagangan tersebut dapat tercapai dengan perepatan perjanjian dan pemberian beragam fasilitas. Itu juga supaya pengusaha Korea lebih tertarik menanamkan modalnya di Indoensia.

"Korea sangat potensial kan, di semua segemennya, untuk investasi dan perdagangannya, misalnya. Nilai perdagangan Korea sama Vietnam US$60 miliar," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...
Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Tertinggi TJSL & CSR Award 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:30 WIB
Tidak hanya itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai The Most Committed Leader to TJSL Initiative...
ANTARA/Fikri Yusuf

Indonesia Finalkan Hasil Pertemuan G20 DWG Tekankan Multilateralisme

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:20 WIB
DWG Meeting telah terlaksana tiga kali sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya