Sabtu 31 Desember 2022, 13:05 WIB

Buah-buahan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Putri Rosmalia | Weekend
Buah-buahan Terbaik untuk Penderita Hipertensi

Dok. Freepic/ macrovector
ilustrasi

 

Hipertensi atau darah tinggi dapat menjadi sumber dari berbagai penyakit lainnya yang mengancam nyawa. Seseorang dengan hipertensi tak hanya harus berada dalam pengawasan dokter dan rutin mengecek tekanan darah, tetapi juga harus konsisten menjaga pola hidup sehat.

Memilih asupan yang tepat adalah hal yang tak bisa ditawar agar penderita hipertensi bisa tetap sehat. Berikut ini buah-buahan terbaik untuk penderita hipertensi dilansir dari medicalnewstoday.com, Sabtu, (31/12).

1. Beri

kelompok buah beri seperti stroberi dan blueberry kaya akan antioksidan bernama anthocyanins yang merupakan bagian dari flavonoid. Dalam berbagai studi dan jurnal kesehatan global, penderita hipertensi yang mendapat cukup asupan anthocyanins akan memiliki tekanan darah yang lebih stabil setiap harinya. Dengan begitu mereka juga akan terhindar dari resiko penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu superfood yang ada di dunia. Di dalam pisang terdapat kandungan potasium tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satunya untuk menjaga tekanan darah. Potasium terbukti dapat meminimalisir dampak buruk dari zat lain yang masuk ke tubuh seperti sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Bit

Meski tak umum dikonsumsi dalam keseharian, buah bit telah terkenal dengan khasiatnya. Meminum jus buah bit secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka waktu cepat dan bertahan secara konsisten ketika dilakukan secara rutin. Bit mengandung dietary nitrate yang dapat membuat metabolisme dan tekanan darah jadi lebih stabil.

4. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C yang dapat membantu tubuh bekerja lebih baik dalam mengontrol tekanan darah. Mengonsumsi kiwi secara rutin sebanyak tiga buah sehari memiliki manfaat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya mengandalkan suplemen pengontrol tekanan darah dalam jangka panjang.

5. Tomat

Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi tomat secara rutin, khususnya ekstrak tomat, akan membuat tubuh mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari lycopene. Selain baik untuk jantung, lycopene juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.

(M-4)

Baca Juga

123RF

Sering Mendadak Lupa atau Susah Fokus? Coba 5 Kiat untuk Brain Fog Ini

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 09 Februari 2023, 09:25 WIB
Brain fog merupakan istilah yang disematkan pada kondisi ketika seseorang mendadak lupa, kesulitan memfokuskan pikiran, atau memproses...
123RF

Lakukan Rutinitas Ini di Pagi Hari untuk Berat Badan Lebih Ideal

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 09 Februari 2023, 08:16 WIB
Ada beberapa rutinitas di pagi hari yang mudah dilakukan agar berat badan ideal dapat dicapai atau...
NASA/JPL-Caltech/MSSS / AFP

Ilmuwan Temukan Jejak Bebatuan yang Tersapu Gelombang di Planet Mars

👤Adiyanto 🕔Kamis 09 Februari 2023, 05:49 WIB
Hal itu menjadi bukti di planet tersebut dulunya terdapat sebuah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya