Sabtu 10 Desember 2022, 10:30 WIB

Senyawa Kentang dan Tomat Berpotensi Sebagai Obat Kanker Baru

Nike Amelia Sari | Weekend
Senyawa Kentang dan Tomat Berpotensi Sebagai Obat Kanker Baru

Dok. 123RF/belchonock
ilustrasi tomat

 

Sekelompok peneliti asal Polandia menemukan fakta, glikoalkaloid memiliki potensi untuk melawan sel kanker. Glikoalkaloid merupakan senyawa alami dalam sayuran yang biasa dikonsumsi, seperti di antaranya kentang dan tomat.

Melansir dari Study Finds, Kamis (8/12), ketua penelitian tersebut, Magdalena Winkiel dari Universitas Adam Mickiewicz, mengatakan potensi glikoalkaloid sebagai obat kanker baru itu ia temukan ketika timnya meneliti tumbuhan dari familiki Solanaceae. Tumbuhan dari famili tersebut mengandung senyawa glikoalkaloid yang mereka gunakan sebagai mekanisme pertahanan terhadap hewan yang memakannya.

Setelah diteliti lebih lanjut, jika digunakan dengan dosis yang tepat senyawa tersebut idak hanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, tetapi juga mendorong kematian sel. Ini adalah komponen kunci untuk pengobatan kanker yang berhasil dan mengendalikan penyebarannya.

Meskipun ada beberapa hal yang tidak diketahui, penelitian laboratorium menunjukkan senyawa tersebut tidak beracun dan tidak merusak DNA, tetapi mungkin ada efek negatif pada sistem reproduksi. Temuan tersebut menjadi angin segar bagi dunia medis, karena selama ini belum ada metode pengobatan kanker yang terbukti efektif tanpa merusak sel lainnya yang sehat di tubuh pasien.

Winkiel mengatakan dengan penelitian lebih lanjut ia yakin alteranatif obat baru untuk kanker akan dapat ditemukan. Obat yang bekerja signifikan mematikan sel kanker tanpa menghancurkan tubuh secara bersamaan.

"Meskipun misalnya nantinya ini tak bisa sepenuhnya menggantikan obat kanker yang sudah ada saat ini, mungkin bisa digunakan sebagai kombinasi yang meningkatkan kesuksesan pengobatan," tutur Winkiel.

(M-4)

Baca Juga

Instagram @__youngbae__

Taeyang Jadi Duta Merek Givenchy

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 09:45 WIB
"Saya sungguh bersyukur dapat memulai bagian dari hidup saya ini bersama Givenchy. Ini sungguh sangat berarti untuk...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Kesambet

👤Tiyok 🕔Minggu 29 Januari 2023, 05:55 WIB
JON katanya kalo orang kesambet itu kerasukan mahluk halus...
Butet K

Bung Sentil: Kesambet Iblis

👤Butet K 🕔Minggu 29 Januari 2023, 05:35 WIB
BUNG ati-ati lho...Kalau ngoceh di medsos. Bisa kena pasal pidana..trus nanti mewek-mewek pasang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya