Jumat 18 November 2022, 07:57 WIB

Teleskop James Webb Ungkap Gambar Terbaru Bagaimana Pembentukan Bintang

Devi Harahap | Weekend
Teleskop James Webb Ungkap Gambar Terbaru Bagaimana Pembentukan Bintang

Photo by Handout / ESA, NASA, CSA, STScI / AFP
Protobintang berada dalam kegelapan dan tersembunyi dari pandangan di dalam "leher" bentuk jam pasir.

 

Teleskop luar angkasa NASA, James Webb baru saja mengungkapkan gambar terbaru tentang jam pasir kosmik bercahaya yang penuh dengan warna-warna cerah seperti jingga dan biru. Gambar yang dipublikasikan pada Rabu (16/11) lalu itu memperlihatkan pembentukan bintang pemula oleh embrio, atau protobintang yang dulunya bersembunyi di pusat awan gelap. Temuan ini memberikan wawasan tentang permulaan bintang baru.

Bintang yang berusia sangat muda itu dikenal sebagai protobintang L1527, posisinya nampak tersembunyi dari pandangan teleskop karena terhalang oleh awan gas dan debu yang padat. Protobintang berada dalam kegelapan dan tersembunyi dari pandangan di dalam "leher" bentuk jam pasir.

Diketahui, formasi Proto bintang ini hanya terlihat dalam cahaya inframerah, sehingga menjadikannya target yang sangat baik untuk diabadikan oleh kamera inframerah dekat (NIRCam) dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb (Web atau JWST).

"Gambar awan yang terlihat berwarna-warni hanya bisa terlihat dalam pencahayaan inframerah, jadi gambar ini perdana karena sebelumnya pernah terlihat atau difoto kecuali oleh Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) Webb," kata NASA dan Badan Antariksa Eropa dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari AFP pada Kamis (18/11).

Protobintang, yang baru berusia 100.000 tahun dan berada pada tahap awal pembentukan bintang, dalam kosmologi bayi bintang itu belum mampu menghasilkan energinya sendiri.

Sedangkan awan tercipta dari lontaran material bintang yang bertabrakan dengan materi lain di sekitarnya, akhirnya menghasilkan debu sangat tipis di bagian warna biru dan paling tebal di bagian warna oranye.

Usianya yang muda dan kecerahan infra merah membuat L1527 disebut oleh para astronom sebagai protobintang bermagnitudo 0, yang menandai tahap pertama pembentukan bintang atau masih jauh dari menjadi bintang utuh. Namun cahaya keluar dari atas dan bawah piringan sehingga menerangi awan berbentuk jam pasir.

Para astronom berharap pemeriksaan jam pasir kosmik akan membantu menjelaskan proses yang terjadi di sekitar protobintang, yang tersembunyi dari pandangan di leher formasi. Pengamatan juga dapat membantu menjelaskan bagaimana pertumbuhan bintang muda hingga mencapai usia dewasa.

"Pada akhirnya, lewat pandangan Proto Bintang L1527 ini, bisa memberikan gambaran seperti apa Matahari dan tata surya kita saat masih bayi," ungkap pernyataan itu.

Protobintang adalah salah satu tahap pembentukan bintang setelah tahap kontraksi awan molekul dan sebelum tahap deret utama berlangsung.

Tahap ini dilalui ketika atom-atom dan molekul-molekul (yang kebanyakan terdiri dari hidrogen) di dalam awan molekul Taurus, yaitu rumah pembibitan awal bagi ratusan bintang yang  terbentuk sekitar 430 tahun cahaya dari Bumi.

Beroperasi sejak Juli, Webb adalah teleskop luar angkasa paling canggih yang pernah dibuat, sejauh ini Webb mampu mengeluarkan berbagai kumpulan data serta gambar yang menakjubkan yang belum pernah ada sebelumnya. Para ilmuwan berharap ini akan menandai era baru penemuan.

Teleskop termahal yang bernilai 10 miliar Dollar Amerika atau setara dengan Rp142,4 triliun ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah mempelajari siklus hidup bintang. Fokus penelitian utama lainnya adalah pada exoplanet, planet di luar tata surya Bumi.

Baca Juga

unsplash.com/Tim Toomey

Ini Rahasia Chef Memasak Daging Steak agar Empuk dan Juicy

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:10 WIB
Kunci dalam memasak daging steak agar mendapatkan daging yang empuk dan juicy adalah jangan terlalu sering membolak-balik daging...
Dok. Disney+ Hotstar

Empat Dokumenter K-Pop di 2023, Suju hingga NCT 127

👤Fathurrozak 🕔Kamis 01 Desember 2022, 19:00 WIB
Bukan cuma drakor, kini konten dari Korea juga diperbanyak dengan beberapa deretan dokumenter dari para grup idola...
Dok. Disney+ Hotstar

Serial Jurnal Risa Jadi Medium Merekam Horor Masa Kecil

👤Fathurrozak 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:00 WIB
Serial delapan episode Jurnal Risa berasal dari novel karya Risa Saraswati berjudul Teror Liburan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya